Mengenal Investasi Pasar Modal lewat Game Nabung Saham GO

Selasa, 10 Januari 2017 - 10:04 WIB
Mengenal Investasi Pasar Modal lewat Game Nabung Saham GO
Mengenal Investasi Pasar Modal lewat Game Nabung Saham GO
A A A
JAKARTA - Investasi pasar modal yang terkesan sulit dipahami, kini tidak lain dengan hadirnya game Nabung Saham Go yang resmi meluncur hari ini berbarengan dengan pembukaan perdagangan saham pagi tadi. PT Winratama Perkasa melalui WinGamers menerangkan game ini merupakan dukungan program cinta pasar modal.

President Direktur WinGamers Ivo Rustandi mengatakan, game ini diharapkan dapat mengajarkan masyarakat yang masih awam dengan pasar modal serta memberikan edukasi untuk bermain dan berinvestasi saham dengan cara yang menyenangkan. "Aplikasi nabung saham go ini kita buat karena kita lihat masyarakat di Indonesia masih banyak orang yang awam terhadap pasar modal, khususnya tentang trading saham atau jual beli saham," terangnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (10/1/2016).

Pernah meluncurkan hal serupa berupa simulasi online trading di 2015, namun lantaran masih banyak yang belum memahami tentang cara bermain saham lewat simulasi tersebut. Maka WinGamers melakukan beberapa perubahan supaya lebih memudahkan dalam mengenalkan cara berinvestasi saham ke masyarakat awam dengan permainan online.

"Pemakai internet saat ini yang mencapai 80 juta pengguna aktif dengan rata-rata smartphone menjadi satu cara kita untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya generasi muda Indonesia untuk lebih mengenal investasi pasar saham karena itu kita luncurkan Nabung Saham GO ini. Kita menghadirkan seperti aslinya dengan emiten yang memang ada di pasar saham agar sedikit banyak menumbuhkan awarness masyarakat," paparnya.

Permainan ini juga memiliki tujuan untuk menarik antusiasme masyarakat dalam mengenal investasi di pasar modal, baik di sektor saham maupun reksa dana. Bahkan bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Winratama Perkasa bakal menggelar roadshow ke beberapa sekolah dan perguruan tinggi untuk mengenalkan permainan dan pasar modal ke usia muda.

Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1A OJK Gonthor R. Aziz menerangkan Nabung Saham Go telah diujicona di 31 Perguruan Tinggi dan 18 Kota Indonesia. "Dari survey di 18 kota tersebut, 97% Gamers mengakui bahwa keduanya berhasil meningkatkan pemahaman mereka mengenai istilah-istilah dan cara berinvestasi di pasar modal," terang Gonthor.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5696 seconds (0.1#10.140)