Lahan Terbatas, Pemerintah Tidak Berani Patok Target Pertanian

Rabu, 18 Januari 2017 - 02:11 WIB
Lahan Terbatas, Pemerintah...
Lahan Terbatas, Pemerintah Tidak Berani Patok Target Pertanian
A A A
YOGYAKARTA - Terbatasnya lahan pertanian di Yogyakarta membuat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak berani mematok tinggi hasil panen petani, terutama padi. Terlebih mereka juga dibebani harus menaikkan panen komoditas lain di luar padi.

Kepala Dinas Pertanian Yogyakarta, Sasongko mengungkapkan, tahun 2016 kemarin, mereka berhasil menggapai target panen padi yang ditetapkan sebelumnya. Target 920.000 ton gabah kering giling berhasil dilampaui, bahkan ada surplus.

Karena surplus tersebut, Yogyakarta juga telah memasok kebutuhan beras di daerah lain melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) yang memiliki tugas distribusi beras. "Kami sangat terbantu memasok daerah lain dengan keberadaan Bulog," tuturnya, Selasa (17/1/2017).

Sasongko menyebutkan, tahun ini sebenarnya ada peningkatan target panen untuk padi. Hanya saja, pihaknya tidak mematok kenaikan target yang tinggi. Sebab, mereka juga harus memikirkan target kenaikan komoditas lain seperti cabai ataupun jagung. Dua komoditas tersebut harus naik untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memenuhi swasembada.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0679 seconds (0.1#10.140)