Peruri Incar Bisnis Sistem Pengaman Berbasis Digital

Rabu, 18 Januari 2017 - 20:50 WIB
Peruri Incar Bisnis Sistem Pengaman Berbasis Digital
Peruri Incar Bisnis Sistem Pengaman Berbasis Digital
A A A
KARAWANG - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) mengincar basis bisnis yang baru sebagai rencana jangka panjang. BUMN pencetak uang ini berniat untuk menjajal bisnis sistem pengaman berbasis digital.

Direktur Utama Perum Peruri Prasetio mengungkapkan, bisnis sistem pengaman berbasis digital menjadi rencana jangka panjang Peruri hingga 2021. Dia mengincar peluang pendapatan hingga 32% dari bisnis digital.

"Misalnya obat bisa dikasih barcode, kami bisa track bahwa ini asli. Supaya tidak ada barang yang dikatakan ilegal atau palsu di pasaran, salah satu mitigasi kami ingin menjual sistem yang dinamakan track and trace. Bisa juga untuk pita cukai, farmasi produk yang sifatnya sistem," katanya di Pabrik Pencetakan Uang Peruri, Karawang, Rabu (18/1/2017).

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga berniat mengembangkan bisnis kartu pintar (smart card industry). Bahkan Prasetio mengaku, Peruri sejatinya telah mampu mencetak kartu pintar tersebut meskipun belum dalam skala yang besar.

"Kami juga akan mengembangkan smart card industry. Kami sudah punya kompetensi untuk mencetak. Tapi untuk dalam skala besar, kami menjajaki untuk tumbuh secara non organik dengan cara merger akuisisi untuk perusahaan target yang kriterianya sesuai dengan yang kami kehendaki. Tentu prosesnya harus melalui konsultasi dengan pemilik modal," imbuh dia.

Dia menambahkan, Peruri juga mengincar sistem layanan pemerintah. Misalnya untuk mengurus pajak atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Government solution atau digital solution. Ini sistemnya yang merancang kami sehingga semua kebutuhan pemerintah itu bisa kami penuhi atau fasillitasi sistemnya. Misal untuk mengurus pajak, membayar STNK," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6336 seconds (0.1#10.140)