JK: Orang Sunda Jangan Hanya Jadi Pekerja

Selasa, 24 Januari 2017 - 10:32 WIB
JK: Orang Sunda Jangan Hanya Jadi Pekerja
JK: Orang Sunda Jangan Hanya Jadi Pekerja
A A A
BANDUNG - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta masyarakat di Jawa Barat (Jabar) tidak berpuas diri hanya dengan menjadi pekerja. Lebih dari itu, orang Sunda harus berpikir menjadi pelaku usaha dan menjadi pemilik perusahaan besar.

"Dulu, Majalaya pernah berjaya, orang Sunda jadi pemilik. Sekarang bertumbuhan pabrik besar dan orang Sunda jadi buruh bukan pemilik. Bukan hanya itu, warung tradisional kini kalah oleh minimarket," ungkapnya di sela-sela Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) III Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat (Kadin Jabar) di Hotel Aryaduta Kota Bandung, Selasa (24/1/2017).

Menurut dia, banyaknya perguruan tinggi di tatar Pasundan tidak terlalu berpengaruh pada peningkatan jumlah maupun kualitas pengusaha. "Ke mana mereka para lulusan ITB, IPB atau perguruan tinggi ternama lainnya? Diantara sekian banyak pabrik yang ada, berapa orang Sunda punya pabrik atau hotel?" ujar JK mempertanyakan.

Menurut dia, makin menurunnya jumlah maupun kualitas pengusaha pribumi menjadi kekhawatiran pemerintah. "Kenapa ini terjadi? Akan bahaya di kemudian hari. Banyak kebanggaan tapi tidak secepat yang diharapkan. Semoga ke depan ada legacy untuk menyelesaikan permasalahan ini," harapnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6709 seconds (0.1#10.140)