Serap 97% Pekerja RI, Industri Kecil Dapat Kemudahan Ekspor-Impor

Senin, 30 Januari 2017 - 14:42 WIB
Serap 97% Pekerja RI, Industri Kecil Dapat Kemudahan Ekspor-Impor
Serap 97% Pekerja RI, Industri Kecil Dapat Kemudahan Ekspor-Impor
A A A
BOYOLALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah meluncurkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE-IKM) di Desa Tumang, Boyolali, Jawa Tengah, siang ini. Kemudahan ini diharapkan dapat memberikan bantuan kepada para pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk meningkatkan ekspor.

(Baca Juga: Jokowi Siap Beri Kemudahan Ekspor-Impor untuk Industri Kecil)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, potensi Industri Kecil dan Menengah sangat besar dalam menyerap tenaga kerja di Indonesia, terbukti dengan menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia. "Tak hanya itu, IKM juga terbukti tahan terahadap kondisi ekonomi yang saat ini fluktuatif jika dibandingkan usaha di sektor besar. IKM telah berkontribusi sebesar 57% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia," ujarnya di Boyolali, Senin (30/1/2017).

Melihat potensinya yang besar, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan satu fasilitas yang akan membantu IKM dalam menggiatkan sektor usaha tersebut. Fasilitas yang dikeluarkan oleh Bea Cukai ini bertujuan memberikan kemudahan pada IKM untuk melakukan importasi barang modal, atau bahan baku yang digunakan untuk proses produksi yang nantinya akan diekspor kembali.

"Dengan insentif fiskal dan kemudahan prosedur yang diberikan pemerintah diharapkan IKM akan semakin bergairah. Tujuannya tentu untuk dapat meningkatkan ekspor, kontribusi PDB, penyerapan tenaga kerja, dan menciptakan desa-desa wisata IKM," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8098 seconds (0.1#10.140)