Jokowi Singgung Efektivitas Anggaran di Sidang Paripurna

Rabu, 01 Februari 2017 - 15:21 WIB
Jokowi Singgung Efektivitas Anggaran di Sidang Paripurna
Jokowi Singgung Efektivitas Anggaran di Sidang Paripurna
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menggelar sidang kabinet paripurna guna membahas mengenai rencana kerja pemerintah (RKAP) tahun 2018 dan kerangka ekonomi makro serta pokok-pokok kebijakan fiskal 2018. Dalam sambutannya, Jokowi kembali menyinggung soal efektivitas anggaran.

Dia meminta seluruh menteri dan kepala lembaga untuk fokus agar pencapaian prioritas dan program kementerian dapat berjalan efektif dan produktif. Peningkatan anggaran juga harus betul-betul memiliki kontribusi pada capaian hasil.

"Jadi, orientasi kita adalah orientasi hasil, bukan orientasi prosedur. Tapi prosedur tetap mengikuti," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, para menteri dan kepala lembaga untuk tidak hanya mengejar serapan anggaran dan mengabaikan hasil serta capaiannya. Serapan anggaran memang penting namun hasilnya juga harus maksimal.

"Untuk itu agar dicermati secara detail program sampai satuan tiga. Agar seluruh menteri betul-betul, seluruh kepala lembaga betul-betul melihat sampai satuan tiga," imbuhnya.

Jokowi juga meminta para pembantunya untuk memastikan program tersebut sesuai prioritas pembangunan nasional. Program tersebut juga harus betul-betul produktif dan berkontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi.

"Penting sekali digarisbawahi. Dan membuka lapangan pekerjaan, mengentaskan kemiskinan dan menekan ketimpangan," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2600 seconds (0.1#10.140)