Jokowi Desak Kementerian dan Pemda Pangkas Belanja Tak Prioritas

Selasa, 14 April 2020 - 12:50 WIB
loading...
Jokowi Desak Kementerian dan Pemda Pangkas Belanja Tak Prioritas
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendesak kepada seluruh Kementerian untuk memangkas belanja tidak prioritas di tengah upaya penanganan pandemi corona atau Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendesak kepada seluruh Kementerian untuk memangkas belanja tidak prioritas di tengah upaya penanganan pandemi corona atau Covid-19. Tak hanya Kementerian, Jokowi juga meminta Pemerintah Daerah (Pemda) memangkas anggaran dan perjalanan dinas yang tidak mendesak.

"Yang pertama refocusing anggaran agar seluruh kementerian pangkas belanja tidak prioritas, sekali lagi, pangkas belanja yang tidak prioritas," ujar Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, melalui konferensi video di Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Ia pun menekankan agar belanja yang tidak mendesak seperti perjalanan dinas hingga rapat-rapat tidak penting dipangkas. Jokowi meminta fokusnya hanya satu yakni penanganan Covid-19 atau virus corona.

"Potong rencana belanja yang tidak mendesak, perjalanan dinas, rapat-rapat, belanja-belanja lain yang tidak dirasakan langsung oleh rakyat. Fokus semuanya, fokuskan semuanya kekuatan kita pada upaya penanganan Covid-19 baik itu di bidang kesehatan maupun sosial ekonominya," tandasnya.

Selanjut terang dIA anggaran-anggaran tersebut dialihkan ke sektor yang sangat dibutuhkan sekarang dalam penanganan Covid-19. Beberapa sektor yang saat ini harus difokuskan antara lain kesehatan dan kesejahteraan sosial masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Fokuskan semua kekuatan kita pada upaya penanganan Covid-19 baik di bidang kesehatan maupun penanganan dampak sosial ekonominya," ujarnya.

"Sudah berkali-kali saya sampaikan jangan sampai lari dari tiga prioritas yang saya sudah sampaikan yaitu kesehatan Covid-19, kedua jaring pengaman sosial, dan ketiga stimulus bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha," terang Jokowi.
(ant)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2351 seconds (10.101#12.26)