Pelindo IV Gaet Belgia Kembangkan Pelabuhan Indonesia Timur

Rabu, 08 Februari 2017 - 15:41 WIB
Pelindo IV Gaet Belgia...
Pelindo IV Gaet Belgia Kembangkan Pelabuhan Indonesia Timur
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) menggandeng perusahaan asal Belgia, Ghent Port Company untuk pengembangan pelabuhan dan kerja sama perdagangan di wilayah Indonesia Timur.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung mengatakan, dalam penandatanganan nota kesepahaman yang berlaku selama satu tahun ini, perseroan bersama pihak Pelabuhan Ghent atau Port of Ghent (PoG) secara bersama-sama akan menyusun rencana kerja sama untuk menciptakan sinergi bisnis.

"Kami akan saling bertukar perkembangan dan peluang bisnis ekonomis dan strategis yang relevan bagi kedua perusahaan," ujar dia dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Kedua belah pihak akan bekerja sama untuk mengembangkan pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo IV. Selain itu, keduanya juga siap mengembangkan sumber daya manusia di pelabuhan dan kemungkinan melakukan perdagangan, terutama perdagangan mengenai hasil pertanian dalam bentuk curah seperti minyak kelapa, kayu.

Sementara, Pelindo IV juga telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku. Kerja sama keduanya terkait pembangunan Pelabuhan Petikemas dan Perikanan Terpadu Waai-Tulehu di Provinsi Maluku dan Ekspor Langsung atau Direct Export dari Pelabuhan Ambon.

"Khususnya untuk mendukung kelancaran distribusi logistik atau barang kebutuhan masyarakat. Serta optimalisasi pemanfaatan aset yang dimiliki Pelindo IV dan Pemprov Maluku," tambah Doso.

Selain itu, nota kesepahaman ini bertujuan untuk menyusun rencana kerja, melakukan studi bersama berkaitan dengan penanganan logistik dan kelancaran distribusi barang dari dan ke Provinsi Maluku dan sekitarnya.

"Kita tengah melakukan inventarisasi terkait potensi kargo yang dapat dikonsolidasikan untuk angkutan langsung dari Pelabuhan Ambon ke luar negeri atau direct export," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0801 seconds (0.1#10.140)