PLN Ambil Alih Proyek PLTU Mangkrak di Maluku

Jum'at, 10 Februari 2017 - 12:17 WIB
PLN Ambil Alih Proyek PLTU Mangkrak di Maluku
PLN Ambil Alih Proyek PLTU Mangkrak di Maluku
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) mengemukakan bahwa perseroan akan mengambil alih proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Waii yang mangkrak di Maluku Tengah. Proyek tersebut merupakan salah satu dari 34 pembangkit yang mangkrak dan merugikan negara hingga miliaran rupiah.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengungkapkan, pembangkit berkapasitas 2X15 megawat (MW) tersebut sudah mulai dkerjakan oleh perseroan. Pembangkit tersebut merupakan proyek dalam Fast Tracking Programme (FTP) II yang mangkrak sejak enam tahun lalu.

"Itu sudah (PLTU Waii yang mangkrak). Sedang dikerjakan dan diambilalih PLN," katanya di Gedung Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Sementara untuk 34 proyek pembangkit mangkrak lainnya, mantan Bos BRI ini mengemukakan bahwa PLN telah mendeteksinya. Menurutnya, sebagian besar dari proyek tersebut masih berpotensi untuk dilanjutkan.

"Memang sebagian besar sudah punya, jadi keputusan mau diapakan. Yang ini dimatikan, yang ini dijalankan, yang satu diganti pembangkit lain, yang satu diganti jaringan transmisi. Itu sudah ada keputusan. Dominasi dilanjutkan," imbuh dia.

Diharapkan, akhir bulan ini perhitungan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah rampung. "Proyek mangkrak sudah dideteksi semua, sudah selesai. Secara hukum sudah. Financial sedikit lagi, mudah-mudahan akhir bulan ini keputusan 34 proyek itu sudah ada," terang Sofyan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6240 seconds (0.1#10.140)