HT: Pasar Bebas Membuat Indonesia Makin Konsumtif

Kamis, 23 Februari 2017 - 03:06 WIB
HT: Pasar Bebas Membuat Indonesia Makin Konsumtif
HT: Pasar Bebas Membuat Indonesia Makin Konsumtif
A A A
INDRAMAYU - Penerapan pasar bebas akan membuat bangsa Indonesia makin konsumtif. “Pasar bebas akan membuat Indonesia yang sudah bergeser dari produktif jadi konsumtif, makin konsumtif,” kata Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo, saat memberikan kuliah umum di Universitas Wiralodra, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (22/2/2017).

Dia menuturkan pendidikan di Indonesia saat ini tertinggal dibanding negara-negara lain, hal tersebut menjadi salah satu penyebab daya saing menurun. Akibat penurunan daya saing banyak pabrik tutup, pindah ke negara lain.

Ke depan kata HT, pemerintah harus menggeser industri bahan baku menjadi industri produk jadi sehingga nilai tambah didapatkan dan lapangan pekerjaan terbuka. Selain itu, menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru di daerah.

“Bangun UMKM dengan keberpihakan agar mereka tumbuh. Berikan akses mudah untuk dana murah, pelatihan, proteksi,” ujarnya. Pemerintah juga harus mengupayakan untuk mendorong masuknya investasi ke tanah air.

HT berpesan untuk berharap generasi muda tergerak hatinya menjadi enterpreneur-enterpreneur baru di daerah masing-masing, menciptakan lapangan kerja, mempercepat Indonesia menjadi maju dan kuat.

Rektor Universitas Wiralodra, Ujang Soeratno menyambut hangat HT, serta berharap apa yang disampaikan pada kuliah tamu menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa Universitas Wiralodra yang hadir.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6131 seconds (0.1#10.140)