Pertamina Target Dapat Mitra Strategis Bontang April 2017

Jum'at, 24 Februari 2017 - 14:09 WIB
Pertamina Target Dapat Mitra Strategis Bontang April 2017
Pertamina Target Dapat Mitra Strategis Bontang April 2017
A A A
JAKARTA - Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan, Pertamina menargetkan untuk memperoleh mitra strategis tersebut pada 28 April 2017.

(Baca Juga: 50 Perusahaan Minati Project Expose GRR Bontang)

Setelah terpilih, Pertamina bersama mitra strategis segera memulai proses Bankable Feasibility Study (BFS) yang ditargetkan selesai pada awal 2018 sekaligus menuntaskan pembentukan konsorsium dan akan ditetapkan Prelnvestment Decision 1 yang menggambarkan perkiraan awal investasi proyek GRR Bontang.

"GRR Bontang ditargetkan mampu mengolah minyak mentah sekitar 300 ribu barel per hari," ujarnya di Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Pelaksanaan pembangunan kilang baru di Bontang ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri ESDM No 7935 K/10/MEM/2016 tanggal 9 Desember 2016 yang menugaskan Pertamina untuk membangun dan mengoperasikan kilang minyak di Bontang, Kalimantan Timur.

GRR Bontang diharapkan bisa mendukung Nawacita Presiden Rl Joko Widodo untuk meningkatkan kemandirian energi dengan mengurangi impor BBM.

Pada tahap awal, Pertamina akan masuk dengan minimal kepemilikan sekitar 5%-25% dan selanjutnya mempunyai hak atau pilihan untuk meningkatkan kepemilikan dalam periode yang akan disepakati kemudian.

Mitra strategis diharapkan berperan dalam pengadaan crude dan menyiapkan pendanaan. Mitra juga memiliki kemampuan dalam memasarkan produk yang tidak terserap di pasar dalam negeri ke pasar luar negeri, seperti Australia, Papua Nugini, Selandia Baru, dan Filipina.

"Sebagai BUMN, Pertamina berharap agar kemitraan yang nantinya terbentuk, dalam pengambilan keputusan tetap memperhatikan aspek GCG yang kuat. Selain itu juga mengedepankan Indonesia content, sambil tetap menjaga kelangsungan usaha," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5418 seconds (0.1#10.140)