Tiga Pekerjaan Rumah BPJS Kesehatan hingga 2019

Kamis, 02 Maret 2017 - 14:32 WIB
Tiga Pekerjaan Rumah BPJS Kesehatan hingga 2019
Tiga Pekerjaan Rumah BPJS Kesehatan hingga 2019
A A A
YOGYAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berbenah, dengan menyoroti tiga hal utama yang ingin dicapai sebelum 2019, mendatang ketika semua warga negara Indonesia sudah menjadi peserta. Tiga hal utama tersebut adalah kestabilan keuangan, kepuasan peserta dan internal serta tercapainya kepesertaan 100% tahun 2017 mendatang.

Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi mengatakan, suistinable financiing menjadi prioritas yang harus diselesaikan oleh BPJS Kesehatan. Pihaknya berusaha meminimalisir peserta yang menunggak dengan berbagai cara. Tujuannya untuk mengurangi 'defisit' anggaran BPJS Kesehatan.

"Kami berusaha meningkatkan kepatuhan peserta," tuturnya dalam International Seminar, Current Update Of Primary Care Development, di Yogyakarta, Kamis (2/3/2017).

Lebih lanjut dia menerangkan pihaknya telah berusaha melayangkan surat, mengirim sms blaz, menelepon hingga kunjungan ke rumah peserta BPJS Kesehatan mandiri. Sebab, selama ini yang justru menunggak iuran BPJS Kesehatan, terangnya adalah sebagian besar dari peserta mandiri. Sehinnga peningkatan kesadaran perlu dilakukan karena layanan pembayaran sudah menjangkau ke berbagai daerah.

Disamping mengejar suistanibility financial, pihaknya juga berusaha meningkatkan kepuasan baik pelanggan. Dari sisi pelanggan, dijelaskan telah berusaha meminimalisir complain dari mereka. Sementara dari sisi internal dapat dilihat dari penerbitan kartu, pembayaran melalui jaringan yang ada hingga pemaksimalan peran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

"Dokter di FKTP bisa memaksimalkan pemeriksaan, hingga paripurna. Karena kalau semua dirujuk, maka rumah sakit akan seperti Puskesmas,"tambahnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7551 seconds (0.1#10.140)