Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan dengan Afsel

Kamis, 09 Maret 2017 - 03:07 WIB
Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan dengan Afsel
Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan dengan Afsel
A A A
JAKARTA - Peningkatan kerja sama perdagangan yang lebih luas antara Indonesia dan Afrika Selatan (Afsel) didorong oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dua negara merupakan emerging countries anggota G-20 yang giat bekerja sama dalam kerja sama Selatan-Selatan.

“Indonesia mengharapkan agar kemitraan Indonesia dan Afrika Selatan dalam menggerakkan kerja sama Selatan-Selatan, termasuk melalui kemitraan strategis baru Asia-Afrika dapat lebih diintensifkan,” kata Presiden Jokowi lewat laman resmi Sekretariat Kabinet.

Upaya peningkatan kerja sama perdagangan, dibahas saat Presiden Jokowi menerima Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, kemarin, Upaya peningkatan kerja sama perdagangan, menurut Presiden, banyak dibahas dalam pertemuan bilateral delegasi Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Afrika Selatan.

“Kita sepakat untuk segera membahas penurunan hambatan tarif dan non tarif bagi produk dan komoditi unggulan,” ungkap Presiden Jokowi.

Selain itu, lanjut Presiden, Indonesia mengusulkan peningkatan kerja sama dengan Southern African Custom Union (SACU) dan sepakat untuk menugaskan menteri terkait melakukan tindak lanjut. Presiden Jokowi mengaku telah menyampaikan kepada Presiden Zuma, bahwa dalam dua bulan setelah hari ini Indonesia akan mengirimkan kunjungan menteri-menteri beserta pelaku bisnis ke Afrika Selatan.

Sementara sebagai tindak lanjut KTT IORA. 2017, menurut Presiden, dirinya dan Presiden Zuma sepakat akan melakukan dialog maritim Indonesia-Afrika di masa depan. “Indonesia akan mengundang Afrika Selatan untuk berpartisipasi dalam Indonesia-Africa maritime dialogue,” sambung Presiden.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6771 seconds (0.1#10.140)