Dua Perusahaan Raksasa Energi Inggris Melebur

Selasa, 14 Maret 2017 - 10:55 WIB
Dua Perusahaan Raksasa...
Dua Perusahaan Raksasa Energi Inggris Melebur
A A A
LONDON - Amec Foster Wheeler telah sepakat terkait pengambilalihan oleh Wood Group senilai 2,2 miliar poundsterling, untuk menyatukan dua perusahaan raksasa energi asal Inggris. Wood Group berharap dapat melakukan penghematan 110 juta pounds dari usaha gabungan tersebut, dalam upaya memberikan pelayanan untuk migas, bahan kimia dan sektor pertambangan.

Seperti dilansir BBC, Selasa (14/3/2017) kesepakatan keduanya bakal menciptakan sebuah perusahaan gabungan dengan nilai sekitar 5 miliar pounds. Tercatat setelah keputusan itu saham Amec melonjak 14,7% menjadi 561 p, sementara saham Aberdeen Wood Group naik 4,4% menjadi 785 p. Sementara Wood Group sendiri menawarkan sebesar 564 p saham untuk rival Inggris mereka.

"Jika melihat nilainya atas Amec, Wood Group sepertinya ingin mengkonsolidasikan bisnisnya di laut utara Inggris serta memperluas lini produk di Amerika Serikat hingga bila memungkinkan untuk memperluas penjualan," ujar seorang analis Mark Wilson di Jefferies.

Kesepakatan ini terjalin di tengah momen sulit untuk kedua bisnis di tengah volatilitas harga minyak yang terus terjadi. Amec berencana menaikkan tawaran menjadi 500 juta pounds pekan depan, meskipun telah ditangguhkan. Dana itu seharusnya bakal digunakan untuk mengurangi utang senilai 1 miliar pounds dan eorganisasi perusahaan. Sebelumnya telah dibentuk usaha gabungan antara Amec perusahaan asal Amerika yakni Foster Wheeler tiga tahun yang lalu.

Pada awal pekan, Amec juga mengumumkan bahwa pendapatan perusahaan tahun lalu mengalami kejatuhan 8% atau setara dengan 5,4 miliar pounds, ketika pelemahan pasar minyak dan gas (Migas) masih terus berlanjut. Selain itu keuntungan mereka juga sedikit tergelincir 56 juta pounds menjadi 318 juta pounds.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3269 seconds (0.1#10.140)