Subsidi Tepat Sasaran, Pelanggan 450 VA Akan Diverifikasi

Selasa, 28 Maret 2017 - 15:04 WIB
Subsidi Tepat Sasaran, Pelanggan 450 VA Akan Diverifikasi
Subsidi Tepat Sasaran, Pelanggan 450 VA Akan Diverifikasi
A A A
YOGYAKARTA - Penerapan subsidi tepat sasaran bagi pelanggan listrik nampaknya akan terus berlanjut. Setelah berhasil memverifikasi ketepatan penerima subsidi listrik pelanggan 900 VA, beredar kabar Kementerian ESDM akan kembali melakukan verifikasi terhadap pelanggan rumah tangga 450 VA.

Ketika dikonfirmasi, Supervisor Pelayanan Pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Distribusi Yogyakarta, Sukarniasih belum bersedia berkomentar banyak. Hanya saja, dia mengungkapkan bahwa pihaknya sudah diperintahkan Kementerian ESDM untuk membuat form verifikasi pelanggan PLN 450. "Formnya hampir jadi," ucapnya, Yogyakarta, Selasa (28/3/2017).

Meski sebenarnya verifikasi tersebut adalah hajatan Kementerian ESDM, tetapi wanita yang akrab dipanggil Asih tersebut mengatakan PLN yang akan melaksanakannya. Karena untuk kepentingan verifikasi tersebut, PLN dianggap mengetahui lebih detil letak bangunannya serta kebiasaan pemakaian listriknya seperti apa.

Dia juga mengungkapkan, jika personil untuk verifikasi tersebut sudah siap, tinggal menunggu perintah kapan pelaksanaan verifikasi tersebut akan dilakukan. Saat ini, PLN bersama Kementerian ESDM memang tengah melakukan koordinasi untuk mematangkan rencana verifikasi tersebut.

Verifikasi pelanggan 450 VA ini tujuannya sama dengan verifikasi pelanggan 900 VA sebelumnya. Yaitu untuk memastikan pelanggan 450 VA mana yang benar-benar berhak menerima subsidi dan yang tidak berhak menerima subsidi.

Kemungkinan besar, pelanggan listrik 450 VA yang tidak berhak menerima subsidi akan dikenai tarif normal. "Yang 900 VA kemarin ternyata subsidi salah sasarannya banyak. Nah, kita belum tahu yang 450 ini," tuturnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9931 seconds (0.1#10.140)