Bank Dunia Prediksi Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Tumbuh Positif

Kamis, 13 April 2017 - 10:59 WIB
Bank Dunia Prediksi Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Tumbuh Positif
Bank Dunia Prediksi Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Tumbuh Positif
A A A
JAKARTA - Bank Dunia memprediksi prospek negara-negara berkembang Asia Timur akan tetap positif untuk tiga tahun ke depan. Dorongan positif ini didukung oleh permintaan domestik yang kuat dan mulai pulihnya ekonomi global diikuti harga komoditas.

Presiden Bank Dunia untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik Victoria Kwakwa mengungkapkan, untuk tingkat kemiskinan di kawasan Asia Timur juga akan turun. Kondisi ini didorong oleh pertumbuhan yang berkelanjutan dan naiknya pendapatan tenaga kerja.

"Meski demikian, kami melihat memang kerentanan domestik dan lingkup global masih membawa risiko untuk kawasan ini. Mengingat adanya penurunan suku bunga di Amerika Serikat (AS), serta sentimen proteksionisme di beberapa negara maju, ekspansi kredit yang cepat dan tingkat hutang yang tinggi di beberapa negara Asia Timur," kata dia di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Adanya kekhawatiran tersebut, maka Bank Dunia merekomendasikan pembuat kebijakan untuk terus fokus pada tata kelola makroekonomi yang penuh kehati-hatian serta memastikan neraca fiskal yang berkelanjutan untuk jangka menengah. Karena, kebijakan yang kuat serta kenaikan proyeksi perekonomian global secara betahap telah membantu negara-negara berkembang Asia Timur dan Pasifik untuk mempertahankan pertumbuhan dan menurunkan kemiskinan.

"Maka, untuk mempertahankan ketangguhan ini, negara-negara tersebut harus mengurangi kerentanan fiskal. Selain itu pada saat yang sama juga harus meningkatkan mutu belanja pemerintah, serta memperkuat integrasi regional dan global," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8006 seconds (0.1#10.140)