Harga Cabai di Blitar Makin Pedas

Sabtu, 13 Mei 2017 - 00:01 WIB
Harga Cabai di Blitar Makin Pedas
Harga Cabai di Blitar Makin Pedas
A A A
JAKARTA - Menjelang Ramadhan, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Blitar, Jawa Timur mulai merangkak naik. Salah satu yang mengalami kenaikan tertinggi adalah harga cabai.

Dua minggu menjelang datangnya bulan suci ramadhan, sejumlah kebutuhan harga pokok di pasar Legi, Kota Blitar mulai merangkak naik. Seperti, harga daging ayam dan daging sapi kenaikan terjadi sejak sepekan terakhir.

Harga ayam yang semula Rp26 ribu per kg kini menjadi Rp29 ribu per kg. Sementara harga daging sapi yang sebelumnya Rp100 ribu, naik menjadi Rp115 ribu kg.

Kenaikan tidak hanya pada harga daging, harga komoditi lainnya juga mengalami kenaikan. Seperti harga bawang merah dan bawang putih. Bawang merah dari Rp26 ribu menjadi Rp29 ribu per kg. Harga bawang putih dari Rp40 ribu kini naik menjadi Rp45 ribu per kg. Selain itu, harga telor juga naik dari Rp16 ribu naik menjadi Rp18 ribu per kg.

Bahkan, harga cabai naik hampir dua kali lipat. Cabai besar dari harga Rp35 ribu sekarang naik menjadi Rp40 ribu per kg. Harga cabai rawit dari Rp48 ribu per kg melonjak menjadi Rp55 ribu per kg.

Warga kini harus pandai-pandai berbelanja, agar uang belanjanya mencukupi untuk membeli kebutuhan.

Lilik Suji Hariadi, salah satu warga Kota Blitar mengaku harus mengurangi belanjanya agar cukup untuk membeli kebutuhan sehari-hari. “Kalau biasanya beli daging ayam satu kilogram, kini hanya setengah kilogram,” ujarnya, Jumat (12/5/2017).

Sujiati, salah seorang pedagang di pasar Legi, Blitar mengatakan, kanaikan harga ini terjadi karena pasokan menipis, sementara permintaan meningkat.

“Kenaikan ini akibat pasokan yang menipis dari beberapa daerah di Blitar dan sekitarnya, sedangkan kebutuhan warga meningkat jelang Ramadhan,” tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0338 seconds (0.1#10.140)