BI Pertahankan Suku Bunga 7-Day Repo Rate 4,75%

Kamis, 18 Mei 2017 - 16:16 WIB
BI Pertahankan Suku Bunga 7-Day Repo Rate 4,75%
BI Pertahankan Suku Bunga 7-Day Repo Rate 4,75%
A A A
JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 17-18 Mei 2017 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) tetap pada level 4,75%. Adapun untuk suku bunga Deposit Facility tidak berubah sebesar 4,00% dan Lending Facility tetap sebesar 5,50%.

"Bank Indonesia menahan suku bunga BI 7-day Reverse Repo Rate tetap sebesar 4,75% dan ini berlaku efektif sejak 19 Mei 2017," ujar Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (19/5/2017)

Agus melanjutkan, keputusan tersebut konsisten dengan upaya Bank Indonesia menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dengan tetap mendorong proses pemulihan perekonomian domestik.

"Bank Indonesia tetap mewaspadai sejumlah risiko, baik yang bersumber dari global maupun domestik. Dari sisi global, perkembangan kebijakan di AS dan geopolitik khususnya di Semenanjung Korea merupakan sejumlah risiko yang perlu tetap diwaspadai," kata dia.

Dari sisi domestik, beberapa risiko yang tetap perlu diwaspadai adalah dampak penyesuaian administered prices terhadap inflasi serta berlanjutnya konsolidasi korporasi dan perbankan. Untuk itu, Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Bank Indonesia juga terus mempererat koordinasi bersama Pemerintah dalam rangka pengendalian inflasi agar tetap berada pada kisaran sasaran dan mendorong kelanjutan reformasi struktural agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8065 seconds (0.1#10.140)