Peringkat Investasi Naik, RI Semakin Mudah Cari Utang

Senin, 22 Mei 2017 - 14:28 WIB
Peringkat Investasi Naik, RI Semakin Mudah Cari Utang
Peringkat Investasi Naik, RI Semakin Mudah Cari Utang
A A A
JAKARTA - Naiknya peringkat investasi Indonesia dari BB+ menjadi BBB- oleh lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P) dinilai akan membuka peluang Indonesia dalam mencari utang.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, peningkatan rating ini juga diyakini akan membawa investasi dari dalam maupun luar negeri akan meningkat pesat melampui tahun-tahun sebelumnya.

"Kenaikan rating ini akan berdampak baik, ketika Indonesia nantinya mencari utang dari market," kata Bambang di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Bambang menceritakan, dahulu banyak lembaga yang memiliki uang, mereka hanya mau membeli surat berharga jika dari tiga (lembaga) rating itu semuanya sudah investment grade. "Nah, kalau saya lihat selama ini, kita dengan dua dari tiga, itu pun cost-nya sudah setara dengan investment grade," kata dia.

Maka, dengan adanya kenaikan rating ini serta S&P sudah memberikan investment grade, cost of fund sudah turun lagi dan hal ini membuat surat utang pemerintah Indonesia menjadi lebih kompetitif. "Dan yang paling penting biaya bunganya jadi lebih turun," ucapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5098 seconds (0.1#10.140)