Tim Satgas Pangan Bandung Barat Awasi Harga Sembako di Pasar Modern

Rabu, 24 Mei 2017 - 00:48 WIB
Tim Satgas Pangan Bandung Barat Awasi Harga Sembako di Pasar Modern
Tim Satgas Pangan Bandung Barat Awasi Harga Sembako di Pasar Modern
A A A
BANDUNG BARAT - Tim pengendalian dan pengawasan pangan Pemkab Bandung Barat bersama kepolisian menggelar pemantauan terkait kestabilan harga ke pasar-pasar modern jelang Ramadhan di kawasan Padalarang, Jawa Barat, Selasa (23/5/2017).

Dalam pantauan tersebut, kenaikan paling signifikan tampak pada komoditas bawang putih yang harganya mencapai Rp59.000/kg dari harga eceran tertinggi (HET) yang diatur pemerintah, yakni Rp38.000/kg.

Kenaikan harga bawang putih selama bulan Mei ini, naik sampai Rp10.000 per kg dari sebelumnya harga Rp40.000/kg menjadi Rp50.000/kg, dan terus melonjak hingga kini Rp59.000 per kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bandung Barat, Weti Lembanawati mengatakan, dari hasil pengawasan dan pemantauan harga saat ini, untuk produk-produk yang diatur pemerintah, diantaranya minyak goreng, daging beku dan gula putih, harganya masih sesuai dengan HET yang diatur oleh pemerintah.

Adapun kenaikan harga daging ayam yang naik Rp2.000 dari harga Rp26.000 per kg menjadi Rp28.000 per kg, kenaikan itu masih dianggap cukup wajar.

Weti menyebutkan, harga HET maksimal yang diatur pemerintah untuk gula putih Rp12.500/kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp11.000 dan daging beku Rp80.000/kg.

Namun untuk bawang putih, intervensi pemerintah dalam mengatur tata niaga bawang putih masih memerlukan proses, karena stok bawang putih masih terus diimpor. "Kalau nanti impornya sudah datang lagi, bawang putih ini akan diatur HET-nya sampai Rp38.000," tuturnya.

Meski saat ini kenaikan harga komoditas lainnya masih dalam tarfa normal, namun kata Weti, Pemkab Bandung Barat bersama Polres Cimahi dalam Tim Satgas Pangan akan terus mengawasi untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga Idul Fitri.

"Mudah-mudahan sampai masuk Ramadhan ini terus stabil harga-harganya. Makanya, tim sudah menjadwalkan, sebelum Ramadhan dan Idul Fitri akan diintensifkan pengawasannya," katanya.

Bupati Bandung Barat Abubakar menuturkan, gaung pembentukan Tim Satgas Pangan diharapkan dapat mencegah para spekulan yang ingin memainkan harga. "Kami tugaskan untuk melakukan pemantauan, sehingga kepada pihak-pihak yang mau berspekulasi bisa mengurungkan niatnya," katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4712 seconds (0.1#10.140)