Menhub Minta Bandara Lakukan Pemeriksaan Tertutup

Jum'at, 26 Mei 2017 - 16:46 WIB
Menhub Minta Bandara Lakukan Pemeriksaan Tertutup
Menhub Minta Bandara Lakukan Pemeriksaan Tertutup
A A A
JAKARTA - Guna memaksimalkan tingkat keamanan bandara, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta seluruh bandara besar di Indonesia untuk melakukan pemeriksaan secara khusus. Pemeriksaan yang dimaksud yakni tertutup dan terbuka.

Pemeriksaan ini dimaksudkan agar meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Pengamanan tertutup sendiri diharapkan bisa dilakukan hingga mencakup pemeriksaan terhadap maskapai penerbangan hingga ke petugas maskapainya.

"Saya sarankan untuk ada pengamanan tertutup. Ini supaya bisa mengamati dan memeriksa pihak-pihak yang ingin melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga kalau ada kegiatan yang tidak layak, bisa ditindak," katanya di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Dari sisi safety, Budi mengakui, saat ini di Bandara Soekarno Hatta sedang melakukan rampcheck. Dia mengharapkan, untuk bandara-bandara lain juga mengikuti. Karena ketika Lebaran, dapat dipastikan seluruh bandara di Indonesia akan mengalami jam sibuk.

Selain itu, yang terpenting juga, Budi meminta untuk wilayah timur Indonesia seperti Papua, juga dilakukan rampcheck, khususnya untuk bandar udara yang memiliki pesawat-pesawat kecil.

"Ini karena memngingat juga di sana banyak pesawat kecil yang beroperasi, maka saya sarankan untuk adakan pemeriksaan ganda," ujar Budi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4694 seconds (0.1#10.140)