Penggunaan Kartu Kredit Meningkat pada Ramadan dan Lebaran

Sabtu, 17 Juni 2017 - 13:24 WIB
Penggunaan Kartu Kredit Meningkat pada Ramadan dan Lebaran
Penggunaan Kartu Kredit Meningkat pada Ramadan dan Lebaran
A A A
JAKARTA - Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) mengungkapkan penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran mengalami peningkatan selama periode Ramadan dan Lebaran. Hal ini lantaran banyak outlet yang menawarkan diskon jika bertransaksi menggunakan kartu kredit.

General Manager AKKI Steve Marta mengemukakan, meskipun bukan menjadi satu-satunya alasan orang menggunakan kartu kredit, namun program diskon yang ditawarkan perbankan cukup menarik minat masyarakat menggunakan kartu sakti tersebut.

"Ada diskon juga di merchant. Cuma bukan menjadi satu-satunya alasan sih," katanya saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (17/6/2017).

Selain itu, lanjut dia, kartu kredit bagi masyarakat di kalangan tertentu juga memang telah menjadi bagian dari kehidupan mereka. Mereka lebih memilih menggunakan kartu kredit karena lebih simpel dan aman dibanding bertransaksi menggunakan uang tunai.

"Untuk masyarakat di segmen tertentu memang sudah menjadi bagian atau alat untuk melakukan pembayarn. Karena kemudahan itulah mereka pakai kartu kredit," jelasnya.

Terlepas dari hal itu, Steve mengaku belum mengetahui dampak dari penurunan batas maksimal bunga kartu kredit dari 2,95% menjadi 2,25% terhadap penggunaan kartu kredit. Sebab, aturan yang dikeluarkan Bank Indonesia baru diimplementasikan pada 2 Juni 2017.

"Belum. Karena ini kan baru berjalan 2 Juni kemarin. Dampak yang paling cepat nanti setelah bulan Juli nanti. Karena kan baru kita lihat," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0532 seconds (0.1#10.140)