Enam Hal yang Harus Dilakukan Saat Magang di Perusahaan

Selasa, 27 Juni 2017 - 23:24 WIB
Enam Hal yang Harus Dilakukan Saat Magang di Perusahaan
Enam Hal yang Harus Dilakukan Saat Magang di Perusahaan
A A A
MAGANG bukan hanya untuk mendapatkan kopi dan membuat salinan. Namun, magang dapat membantu Anda membangun koneksi karier yang tahan lama, mendapatkan rekomendasi bagus untuk posisi masa depan dan mengajari Anda banyak tentang sebuah industri.

Seperti dikutip dari CNBC, beberapa langkah penting pada bulan pertama magang Anda dapat membantu memastikan bahwa Anda berhasil dalam peran Anda. Berikut enam hal yang perlu diperhatikan saat magang baru satu bulan agar sukses:

1. Buat kesan yang bagus


"Sama seperti dua bulan pertama pekerjaan apa pun, magang itu sendiri merupakan kesan pertama yang multi-bulan," kata Rich DiTieri, CEO Startup Institute.

Pengusaha tersebut telah menginternir dan bekerja di berbagai sektor, termasuk bidang kesehatan, TI, dan strategi pemasaran. Membuat kesan yang baik, penting bagi orang.

"Mulai kuat dengan menunjukkan kepada manajer Anda bahwa Anda senang, terlibat, dan serius," kata DiTieri.

Selain berpakaian bagus, muncul lebih awal dan tetap bersemangat. Tanyakan pada atasan Anda apa yang ingin dia lihat dari Anda. "Ini jauh lebih mudah untuk menang jika Anda tahu permainan yang sedang Anda mainkan!"

2. Ajukan pertanyaan dan bawa buku catatan

Jangan takut untuk bertanya, dan pastikan menuliskan catatan. Anda tidak hanya akan mengingat hal-hal penting, Anda juga akan memberi isyarat pesan penting kepada atasan Anda, kata Margaret Buj, pelatih wawancara dan pakar karier.

"Kapan pun Anda berada dalam sebuah pertemuan atau menemani seseorang, selalu mencatat. Dengan begitu atasan Anda akan melihat bahwa Anda memperhatikan dan terlibat sejak hari pertama," kata Buj.

3. Atur pertemuan dengan rekan kerja Anda untuk sekadar minum kopi

Pada titik tertentu, setiap orang perlu minum kopi atau makan siang. Istirahat adalah kesempatan besar untuk mengenal atasan dan rekan kerja Anda dengan lebih baik.

Liz Wessel, salah satu pendiri dan CEO WayUp, sebuah situs web yang membantu mahasiswa dan profesional magang tanah muda, mengatakan bahwa setiap magang harus mengadakan pertemuan individual dengan orang-orang di tim mereka.

"Tanyakan tentang pengalaman mereka, dan juga visi mereka untuk perusahaan selama beberapa bulan ke depan. Lalu ajak percakapan kembali ke cara-cara yang bisa dilakukan agar Anda dapat memberi dampak pada posisi Anda," kata Wessel

Dengan menjangkau tim Anda, Anda akan dianggap lebih disukai dan ramah. Hal itu akan membuat Anda lebih mungkin untuk dipekerjakan dan dipromosikan.

4. Menawarkan untuk membantu proyek tambahan

Begitu Anda tahu tanggung jawab Anda dan bisa menyelesaikannya dengan baik, bekerja ekstra. Bertujuan untuk melengkapi atasan Anda jika atasan tidak bisa memiliki waktu untuk melakukannya, jika atasan Anda mengatakan, "Akhirnya kami ingin melakukan ini".

Untuk menindaklanjuti dan bertanya bagaimana Anda dapat membantu. "Ini akan mengesankan atasan Anda. Ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa Anda serius dengan magang Anda," imbuhnya.

5. Jangan pulang tanpa mampir ke meja atasan Anda

Pada pukul 5 sore mungkin sudah tergoda untuk berkemas dan pergi atau pulang ke rumah, tapi sempatkan mampir ke meja manajer Anda terlebih dahulu.

"Jangan pergi begitu saja. Tanyakan pada manajer Anda apakah ada hal lain yang mereka butuhkan saat ini," kata Buj.

"Jika Anda diminta menyelesaikan beberapa tugas kecil. Lakukan tanpa terburu-buru melewatinya," tambah dia.

Bos Anda akan menghargai bahwa Anda tidak hanya magang untuk mendapatkan jam kerja Anda.

6. Simpan catatan tentang apa yang Anda capai


"Tuliskan semua yang Anda capai di akhir pekan pertama Anda, dan setiap pekan setelah itu," kata Wessel.

Trik sederhana tidak hanya akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. "Memiliki rekam jejak tentang cara Anda berkontribusi pada perusahaan akan berguna saat Anda siap untuk meminta surat rekomendasi, atau jika Anda ingin bergabung dengan perusahaan tersebut secara penuh".

Dengan daftar keterampilan yang Anda pelajari dan proyek yang Anda capai, Anda akan lebih siap untuk membantu manajer Anda menulis surat rekomendasi yang bagus untuk Anda dan menjamin diri Anda jika ada kesempatan untuk secara oenuh menjadi karyawan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6339 seconds (0.1#10.140)