Ekonom Nilai Wajar Kegiatan Dunia Usaha Kuartal III Melambat

Rabu, 12 Juli 2017 - 02:01 WIB
Ekonom Nilai Wajar Kegiatan Dunia Usaha Kuartal III Melambat
Ekonom Nilai Wajar Kegiatan Dunia Usaha Kuartal III Melambat
A A A
JAKARTA - Chief Economist SKHA Institute for Global Competitivenes (SIGC) Eric Alexander menilai wajar kegiatan dunia usaha kuartal III mengalami penurunan. "Wajar karena ekspektasi pengusaha bahwa demand pasca Idul Fitri akan melambat. Peningkatan demand karena faktor Idul Fitri sifatnya seasonal. Dan di kuartal berikutnya, demand cenderung tumbuh melambat atau turun," kata Eric saat dihubungi, Selasa (11/7/2017).

Dia pun memperkirakan, kegiatan dunia usaha akan tetap tumbuh di kuartal III 2017 walau melambat dibanding kuartal II 2017. "Tapi perlu diingat ini adalah survei persepsi. Realisasinya bisa sama atau berbeda dengan persepsi atau ekspektasi," sebut dia.

Sebelumnya, BI melakukan survei bahwa Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) pada kuartal III 2017 diperkirakan tumbuh melambat. Perlambatan kegiatan usaha terutama disebabkan oleh tekanan yang terjadi pada sektor pertambangan dan sektor penggalian.

"Selain itu, penurunan kegiatan usaha juga disebabkan oleh perlambatan kegiatan usaha pada sebagian besar sektor lapangan usaha, terutama sektor pengangkutan, komunikasi dan sektor perdagangan, serta hotel dan restoran sejalan dengan berakhirnya faktor musiman Ramadan dan Idul Fitri," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara.

Sementara itu, tekanan kenaikan harga jual juga diprediksi terus melemah pada kuartal III 2017. Menurut Tirta, penurunan tekanan kenaikan harga jual terutama diperkirakan terjadi pada 8 dari 9 sektor lapangan usaha, terutama pada industri pengolahan. Adapun, kegiatan dunia usaha pada kuartal II-2017 tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5527 seconds (0.1#10.140)