Pengangguran Menurun, Ekonomi Spanyol Tumbuh 0,9%

Jum'at, 28 Juli 2017 - 23:06 WIB
Pengangguran Menurun, Ekonomi Spanyol Tumbuh 0,9%
Pengangguran Menurun, Ekonomi Spanyol Tumbuh 0,9%
A A A
MADRID - Ekonomi Spanyol pada kuartal II tahun ini mampu tumbuh hingga 0,9%. Pertumbuhan ini berkat terjadinya peningkatan ekspor dan pengeluaran rumah tangga.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (28/7/2017), National Statistics Institute (INE) menunjukkan bahwa ekonomi negara tersebut akhirnya tumbuh kembali seperti sebelum krisis kredit pada 2008.

Angka-angka tersebut termasuk yang terkuat dari data ekonomi Eropa yang dirilis pada hari ini. Perekonomian Prancis tumbuh 0,5% pada kuartal dua tahun ini, tingkat yang sama seperti pada tiga bulan sebelumnya, berkat kenaikan ekspor, terutama penjualan kapal selam 700 juta euro (626 juta poundsterling).

Tingkat kepercayaan di Prancis didorong oleh pemilihan Presiden Emmanuel Macron baru-baru ini, meski sudah sedikit mereda. Meski demikian, negara ini berada di jalur yang tepat untuk memenuhi perkiraan pertumbuhan sebesar 1,6% tahun ini.

Sementara, perkiraan awal dari kantor statistik Swedia menunjukkan bahwa ekonomi negara ini tumbuh lebih cepat dari perkiraan 1,7% pada periode April sampai Juni.

Ekspor Spanyol telah tumbuh dan pengangguran turun dalam beberapa bulan terakhir. Tingkat pengangguran, sekitar 25% telah turun dengan mantap meski masih mencapai 17,2%.

"Kami percaya bahwa pertumbuhan belanja konsumen tampaknya mendapatkan kembali beberapa momentum di kuartal kedua, terus naik didukung penciptaan lapangan kerja yang kuat dan iklim keuangan yang nyaman," kata Raj Badiani, ekonom IHS Markit.

Pemerintah Spanyol telah menaikkan perkiraan untuk pertumbuhan ekonomi tahun ini dan sekarang memperkirakan ekonomi akan tumbuh setidaknya 3% pada 2017.

Secara terpisah pada hari ini, Komisi Eropa mengatakan sentimen ekonomi di zona euro telah meningkat lagi pada Juli, kenaikan ketiga berturut-turut ke level tertinggi baru dalam 10 tahun. Indikator sentimen di blok mata uang 19 negara naik menjadi 111,2 setelah terjadi kenaikan kepercayaan di sektor jasa.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7246 seconds (0.1#10.140)