PLN Tanjung Jati B Komitmen Konservasi Lingkungan Sekitar

Kamis, 24 Agustus 2017 - 00:25 WIB
PLN Tanjung Jati B Komitmen Konservasi Lingkungan Sekitar
PLN Tanjung Jati B Komitmen Konservasi Lingkungan Sekitar
A A A
JEPARA - PLN Tanjung Jati B berkomitmen untuk melaksanakan beberapa kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang bertujuan mengurangi pencemaran udara di langit Jepara, Jawa Tengah. Seperti, konservasi Pulau Panjang yang telah menanam lebih dari 1.000 lamun yang dipercaya bisa menangkap 70% emisi.

Penanaman pohon dilaksanakan secara rutin di lebih dari 5 km pantai yang telah berhasil menumbuhkan 2.500 pohon cemara laut. CSR lain dilakukan terhadap masyarakat di lingkungan ring satu PLTU adalah penyaluran ternak domba bergilir yang melibatkan kelompok ternak setempat.

Akademisi Universitas Diponegoro Sugiyanto, yang turut merancang program konservasi Pulau Panjang mengatakan, upaya konservasi yang dilakukan di pulau tersebut harus berkesinambungan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Sejak dimulai 2015 lalu, hasilnya sudah mulai terlihat. Berkat kerja sama dengan PLTU Tanjung Jati B dan masyarakat sekitar Pantai Kartini, Pulau Panjang kini banyak didatangi wisatawan yang ingin melihat kawasan wisata konservasi," ujar Sugiyanto di Jepara, Rabu (23/7/2017).

Dia mengungkapkan, upaya konservasi lain yang dilakukan di antaranya melakukan re stocking rajungan yang merupakan komoditas andalan Jepara. Selain itu, di sektor pariwisata bahari juga mulai tumbuh, seperti munculnya jasa operator snorkeling.

Pendiri La Tofi School of CSR La Tofi mengatakan, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan PLTU Tanjung Jati B merupakan bukti kepedulian perusahaan dalam memberdayakan masyarakat.

Adapun terkait penggunaan teknologi FGD pada pembangkit di PLTU, hal ini dinilai sebagai sesuatu yang unik karena belum diterapkan di pembangkit batu bara lainnya. "Di sini juga banyak inisiatif sosial lain yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.4372 seconds (0.1#10.140)