Menkeu Jepang Akan Bertemu Wapres AS Bahas Ekonomi dan Perdagangan

Selasa, 29 Agustus 2017 - 11:18 WIB
Menkeu Jepang Akan Bertemu Wapres AS Bahas Ekonomi dan Perdagangan
Menkeu Jepang Akan Bertemu Wapres AS Bahas Ekonomi dan Perdagangan
A A A
TOKYO - Menteri Keuangan (Menkeu) Jepang Taro Aso mengatakan, akan mengunjungi Amerika Serikat (AS) pada 4 September untuk melakukan pembicaraan informal dengan Wakil Presiden AS Mike Pence menjelang putaran kedua perundingan ekonomi bilateral akhir tahun ini.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/8/2017), ketika ditanya apakah kedua belah pihak akan membahas Korea Utara, Aso, yang berfungsi ganda sebagai wakil perdana menteri, bukan orang yang bertanggung jawab atas masalah ini sehingga dia tidak tahu bagaimana isu tersebut akan dibahas.

Korea Utara menembakkan sebuah rudal yang terbang di atas Jepang dan mendarat di perairan di wilayah utara Hokkaido pada Selasa pagi, menandai peningkatan ketegangan yang tajam di semenanjung Korea.

"Ada beberapa daerah yang perlu disesuaikan, jadi kami akan menyesuaikannya agar bisa mengadakan perundingan berikutnya pada akhir tahun ini," katanya kepada wartawan setelah rapat kabinet.

"Perundingan perdagangan telah membahas gesekan di masa lalu, mulai dari negosiasi mengenai tekstil di tahun 1960-an, namun kali ini kami mendekati (Amerika Serikat), menyerukan kerja sama namun bukan friksi," jelas Aso.

Dia dan Pence kemungkinan akan membahas isu-isu seperti kebijakan perdagangan, investasi dan ekonomi sesuai dengan putaran pertama perundingan ekonomi yang diluncurkan pada April.

Keduanya telah memimpin dialog ekonomi AS-Jepang, yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral secara positif akan memengaruhi negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik.

Namun, beberapa analis khawatir bahwa pemerintahan Presiden Donald Trump, yang menghadapi gejolak domestik yang terus berlanjut, dapat mendorong tekanan pada mitra dagang negara tersebut untuk mendapatkan konsesi yang akan meningkatkan ekspor AS berdasarkan kebijakannya.

Perundingan yang akan dilakukan itu juga bisa mencakup masalah tarif pengamanan yang telah dikenakan Jepang pada daging sapi beku dari Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4529 seconds (0.1#10.140)