Satgas Indikasikan Ada 118 Perusahaan Investasi Bodong

Selasa, 26 September 2017 - 18:03 WIB
Satgas Indikasikan Ada 118 Perusahaan Investasi Bodong
Satgas Indikasikan Ada 118 Perusahaan Investasi Bodong
A A A
JAKARTA - Peringatan bagi masyarakat Indonesia agar hati-hati dengan tawaran investasi. Pasalnya, Satuan Tugas (Satgas) Wasapada Investasi mengindikasikan saat ini ada 118 perusahaan bergerak investasi yang dinilai bodong.

"Kalau kita lihat di website OJK saat ini ada 118 perusahaan. Nah, perusahaan itu kami duga menawarkan investasi bodong pada 2017 ini," ungkap Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing usai diskusi HUT MNC Trijaya Radio FM Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Tongam yang juga anggota Otoritas Jasa Keuangan (OJK) itu menegaskan, dari 118 total perusahaan yang diindikasikan bermain investasi bodong, sebanyak 48 entitas yang berhasil dicegah. Bahkan, masalah pidananya sudah ada yang masuk penyidikan dan pengadilan. "Dari Januari sampai September 2017 kami sudah menghentikan 48 entitas," imbuhnya.

Menurutnya, media sosial, internet memberikan peluang ke pelaku-pelaku untuk menawarkan kepada masyarakat secara cepat dan komprehensif. Bahkan, pola investasi ini sejak beberapa tahun ini sudah marak.

Hanya saja, kata dia, saat ini banyak modus investasi ini gagal. Karena, kelihatan masyarakat sudah semakin peduli dan sudah semakin mempunyai keinginan untuk melaporkan atau memberikan pengaduan. Apalagi, Satgas Waspada Investasi cepat melakukan penanganan untuk merespons.

"Kami memberikan respons baik kepada masyarakat melakukan pencegahan, penanganan sehingga kelihatan banyak ini. Ibarat fenomena gunung es, artinya selama ini kita lihat dipermukaan kecil tapi di dasarnya itu sangat besar. Dengan adanya transparansi dengan penanganan yang sangat komprehensif ini dapat dicegah," tutur Tongam.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6338 seconds (0.1#10.140)