BI Pede Kejatuhan Rupiah Lawan USD Hanya Sementara

Rabu, 04 Oktober 2017 - 14:49 WIB
BI Pede Kejatuhan Rupiah Lawan USD Hanya Sementara
BI Pede Kejatuhan Rupiah Lawan USD Hanya Sementara
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo meyakini bahwa pelemahan rupiah atas dolar Amerika Serikat (USD) hanya bersifat sementara. Ia juga meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir akan pelemahan yang sifatnya temporary ini.

Agus malah meminta agar fokus kepada pembenahan dan pemulihan ekonomi nasional agar angka pertumbuhan ekonomi bisa tercapai sesuai target, tahun ini. "Tentu ini adalah yang penting kita fokus pada upaya pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/10/2017).

"Kita bisa menggunakan semester dua ini untuk perbaikan ekonomi nasional dan dengan kondisi seperti itu kita akan kembali ke situasi yang lebih baik. Saat ini, tentunya kita tidak dalam kondisi yang lemah, karena yang kami yakini ini hanya sementara," sambungnya.

Lebih lanjut Ia juga menegaskan bahwa volatilitas rupiah yang terjadi dalam beberapa waktu terakhit masih dalam batas wajar dan bisa diterima. BI juga melihat secara umum bahwa perkembangan beberapa indikator makro ekonomi menunjukkan angka yang bagus.

"Inflasi kita dengan dikeluarkannya inflasi September menunjukkan bahwa month to month nya 0,13%, year on year 3,72% itu menunjukkan bahwa inflasi kita terkendali seperti yang ditargetkan yakni di kisaran 4% bahkan bisa ke bawah," terang Agus.

BI juga melihat neraca pembayaran yang kuat terlihat bahwa di tahun ini perkirakan bahwa neraca pembayaran akan mempunyai overall balance yang surplus, kuat dan kondisi dari transaksi berjalan Indonesia pun dalam keadaan sehat.

"Maksudnya disini adalah transaksi berjalan walaupun defisit, defisitnya tidak melebihi 2% dari GDP. Kondisi ini didukung dengan neraca perdagangan kita, cadangan devisa kita, menunjukkan kondisi ekonomi yang baik dan kondisi nilai tukar itu sifatnya sementara," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7468 seconds (0.1#10.140)