Pengusaha Online Shop Setia Gunakan Jasa JNE

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 17:19 WIB
Pengusaha Online Shop Setia Gunakan Jasa JNE
Pengusaha Online Shop Setia Gunakan Jasa JNE
A A A
PANGKAL PINANG - Pertumbuhan e-commerce kini kian melonjak tajam yang diiringi dengan perkembangan smartphone untuk menunjang perdagangan via elektronik itu. Hal tersebut juga tak bisa lepas dari jasa ekspedisi, salah satunya JNE yang bermarkas di Jakarta.

Saat ini banyak bisnis online yang memanfaatkan jasa pengiriman JNE Ekspress. Salah satunya, Reynaldi Praciptabun dan istrinya, Linawati. Pasangan suami istri yang tinggal di Jalan Manunggal Gang Nasional, Pangkalan Baru, Pangkalpinang, Bangka Belitung, ini sudah bergabung menjadi JNE Loyalty Card (JLC) sejak 2008.

Asal mula menjadi seller JNE, kata dia, hal itu bermula dari hobi istrinya yang kerap jalan-jalan dan shopping. Pada saat itu, istrinya hanya melalui teman-temannya saja.

"Awalnya dari teman-temannya saja. Tapi dari situ mulai merambah," ujar Reynaldi saat ditemui di kediamannya, belum lama ini.

Dia mengungkapkan, barang yang dijualnya via online juga kebanyakan barang impor. Walaupun ada juga barang lokal yang dijualnya ke berbagai wilayah di Indonesia. "Barang impor yang biasa dibeli dari Malaysia, Singapura, Korea, Jepang dan Thailand," katanya.

Menurutnya, setiap negara mempunyai keunggulan barang untuk dijual di Indonesia. Seperti Korea yang mempunyai gaya berpakaian modern. "Jepang aksesoris, Thailand berupa pakaian, Malaysia barang tas dan sepatu. Begitu juga Singapura," imbuhnya.

Dia menambahkan, setiap bulan dia bisa menggunakan JNE Ekspress hingga ratusan kali dari pengiriman barang dalam jumlah banyak maupun sedikit. "Per bulan kita biasa ngirim 200 hingga 300 kali dengan omzet puluhan juta," katanya.

Meski demikian, model dagang yang dilakukan menggunakan digital ini mempunyai kelemahan. Karena, tidak sedikit konsumen yang tidak puas dengan barang yang dipesan pada saat sudah di tangan.

"Kan kita sudah jelasin sebelum konsumen deal untuk membelinya. Kalau barang kw saya bilang kw. Tapi kalau barang asli ya saya bilang asli," katanya.

Meski demikian, kalau konsumen tetap ngotot tidak puas dengan barang yang diterimanya, barang itu bisa dikembalikan dan uang dikembalikan. "Ya, awalnya kita jelasin. Tapi kalau tetap tidak terima ya uang bisa dikembalikan kalau belinya sama kita," imbuh dia.

Selain itu, bapak tiga anak ini mengaku senang menggunakan jasa JNE Ekspress. Karena, pengirimannya tepat waktu. "Sampai saat ini pengiriman menggunakan JNE ontime ke tangan konsumen," imbuh Reynaldi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5436 seconds (0.1#10.140)