Ekonomi Digital Berdampak Positif terhadap Perekonomian Nasional

Jum'at, 27 Oktober 2017 - 11:48 WIB
Ekonomi Digital Berdampak Positif terhadap Perekonomian Nasional
Ekonomi Digital Berdampak Positif terhadap Perekonomian Nasional
A A A
JAKARTA - Indonesia terus memperlihatkan peningkatan di bidang ekonomi digital yang dapat memberikan manfaat bagi bisnis dan pengguna akhir secara nasional. Digital Economy Summit yang merupakan bagian dari Communic Indonesia Broadcast Indonesia 2017 membahas dampak dan potensi perkembangan ekonomi digital.

(Baca Juga: Indonesia Target Jadi Negara Ekonomi Digital Terbesar di 2020)

Indonesia berkomitmen menjadi negara terbesar di ASEAN dalam bidang ekonomi digital pada 2020 dengan meyakini bahwa kedaulatan cyber dilihat sebagai faktor kunci untuk mendapatkan target tersebut.

Hana Abriyansyah selaku Chief Information Security Officer PT Midtrans berbicara dan memberikan pandangannya terkait ekosistem digital baru yang akan mendukung kedaulatan digital Indonesia.

"Indonesia negara yang muncul sebagai kekuatan baru dalam bidang teknologi, di mana perkembangan startup terihat signifikan dan memberikan impact serta menciptakan potensi pasar yang besar," kata dia dalam rilinys, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Menurutnya, pemerintah harus mendukung infrastruktur, regulasi dan pendidikan terkait ekonomi digital untuk memastikan bahwa Indonesia sebagai bangsa telah siap masuk ke dalam tren teknologi digital secara global. "Kedaulatan siber akan membantu kita untuk memperkuat keamanan siber, infrastruktur teknologi dan digital ekonomi," imbuh dia.

Presiden Direktur PT Segen Medical Nasional Freidrik Nainggolan mengatakan, industri vertikal seperti layanan kesehatan akan mendapatkan manfaat dari ekonomi digital. teknologi terkini dalam bidang digital akan membawa manfaat besar pada berbagai industri, menghemat waktu, uang dalam bidang layanan kesehatan profesional.

Dengan jumlah medical specialists seperti radiologist dan cardiologist di Indonesia yang masih terbatas, sulit untuk meghadirkan layanan kesehatan berkualitas secara maksimal untuk seluruh rakyat Indonesia, terutama bagi mereka yang berada di daerah terpencil.

Telemedicine dapat meningkatkan layanan kesehatan secara signifikan, memberikan layanan berkualitas bagi pasien dan dapat menekan biaya bagi penyedia layanan kesehatan karena beberapa tugas mereka dapat terautomatisasi.

"Cloud akan memberikan manfaat besar untuk layanan kesehatan di Indonesia dan dapat diakses banyak dokter dan spesialis. Itu juga berarti para penyedia layanan kesehatan dapat memperluas bisnis layanan mereka dan menyediakan aplikasi dengan cepat tanpa terlalu memikirkan pembangunan infrastruktur berbiaya besar," tuturnya.

CTO PT First Media/Link Net, Desmon Poon menuturkan bahwa industri media juga mendapatkan keuntungan dari inovasi di sektor digital. Menurutnya, perubahan dalam strategi dapat berdampak pada peningkatan customer experience.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4423 seconds (0.1#10.140)