Harga Terkendali, Inflasi Oktober Diprediksi Rendah

Jum'at, 27 Oktober 2017 - 15:33 WIB
Harga Terkendali, Inflasi Oktober Diprediksi Rendah
Harga Terkendali, Inflasi Oktober Diprediksi Rendah
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi di bulan Oktober 2017 tetap terkendali. Pasalnya, tidak ada potensi gejolak harga pada bulan ini.

"Mengenai inflasi tetap terkendali bulan ini. Survei minggu ketiga, (inflasi) month to month diperkirakan 0,08% dan year to date 2,74%, lalu year on year-nya 3,66%. Ini membuktikan bahwa perkembangan harga-harga masih terus terjaga, relatif stabil dan rendah," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjio di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Khusus untuk harga pangan, sambung Perry, juga masih relatif rendah. Dia mengakui, memang ada kenaikan pada harga cabai dan bawang merah, namun tidak terlalu besar. Menurut dia, hal ini membuktikan bahwa koordinasi pemerintah dan Bank Indonesia untuk menjaga stabilitas harga berjalan dengan baik.

"Karena kerja sama yang baik itulah harga-harga tetap rendah dan stabil. Ini juga mengonfirmasi bahwa perkiraaan inflasi tahun ini akan tetap rendah," kata Perry.

Sejalan dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia memperkirakan inflasi tahun ini kemungkinan lebih rendah dari 4%. Menurut Perry, diperkirakan inflasi tahun ini hanya di angka 3,7%.

"Itu salah satu landasan pengambilan (keputusan mengenai) suku bunga yang lalu. Kalau tahun depan masih 3,4% , 2019 bisa 3,3%. Berarti di bawah titik tengah untuk target tahun ini dan tahun depan," jelasnya.
(fjo)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0904 seconds (10.55#12.26)