Bandara Silangit Dilengkapi Fasilitas Berbasis Digital

Minggu, 05 November 2017 - 21:02 WIB
Bandara Silangit Dilengkapi Fasilitas Berbasis Digital
Bandara Silangit Dilengkapi Fasilitas Berbasis Digital
A A A
JAKARTA - Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara menjadi pionir Smart Airport dalam kategori bandara berkapasitas 500.000 penumpang. Bandara ini dilengkapi berbagai fasilitas berbasis digital guna menciptakan customer experience yang baik bagi wisatawan mancanegara.

“Penerbangan internasional saja tidak cukup untuk mendukung pertumbuhan pariwisata Danau Toba. Lebih dari itu, dibutuhkan juga bandara yang mampu menciptakan journey experience dan dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada para wisman guna melengkapi perjalanan mereka," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya yang dilansir, Minggu (5/11/2017).

"Untuk itu, meskipun dari sosialisasi kapasitas Bandara Internasional Silangit tidak terlalu besar namun AP II tetap fokus melakukan pengembangan soft infrastructure melalui digitalisasi layanan,” lanjutnya.

Dia menuturkan, seluruh fasilitas berbasis digital tersebut sudah siap 100% saat penerbangan perdana internasional, seperti Wifi.id corner dengan kecepatan hingga 100 Mbps, pembayaran di tenant komersil dengan t-cash, pembelian tiket bus di vending machine, dan smart baggage guna memastikan kecepatan dan ketepatan dalam penanganan bagasi.

"Di samping itu, terdapat juga tourism info kiosk yang menyediakan berbagai informasi tentang lokasi pariwisata. Kami membangun Bandara Internasional Silangit sebagai beranda yang ramah terhadap para wisatawan domestik dan mancanegara,” jelas Awaluddin.

Melalui fasilitas terkini berbasis digital, AP II dapat memberikan pengalaman yang baik kepada penumpang pesawat ketika sebelum melakukan perjalanan (pre-journey), saat melakukan perjalanan (on-journey) dan ketika setelah melakukan perjalanan (post-journey).

Saat pre-journey, penumpang pesawat dapat terlebih dahulu membuka aplikasi Indonesia Airports di smartphone untuk mengetahui jadwal penerbangan, meja check-in penerbangan, melihat tenant F&B, hingga mengecek hotel yang ada di Siborong-borong beserta jarak tempuh dari Bandara Internasional Silangit.

Saat on-journey, penumpang pesawat dapat memantau aktivitas penanganan bagasi secara langsung berkat konsep smart baggage yang sudah diimplementasikan di Silangit. Ketika baru tiba di Silangit, penumpang pesawat juga dapat langsung terkoneksi dengan wifi berkecepatan tinggi hingga 100 Mbps.

Di samping itu, penumpang pesawat juga dapat mencari tahu lokasi wisata yang wajib dikunjungi melalui e-kiosk di area kedatangan. Tidak hanya itu, apabila bepergian dengan transportasi publik maka wisatawan dapat semakin mudah dengan membeli tiket bus melalui vending machine yang terletak di terminal kedarangan Bandara Internasional Silangit.

Adapun setelah melakukan perjalanan atau post-journey, sebelum tiba di bandara tujuan apakah itu Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Kualanamu, penumpang pesawat sudah dapat memesan taksi melalui aplikasi Indonesia Airports untuk mengantar ke tujuan. Aplikasi Indonesia Airports juga dapat membantu penumpang yang baru tiba di Soekarno-Hatta untuk melihat lokasi parkir mobil penjemput berkat implementasi konsep Smart Parking. Bagi yang memilih transportasi publik, di terminal kedatangan juga tersedia vending machine untuk antrian taksi atau pembelian tiket Damri.

Pengembangan Bandara Internasional Silangit, baik itu dengan pembangunan infrastruktur maupun pengembangan soft infrastructure, merupakan salah satu fokus AP II guna mendukung program pemerintah yakni mewujudkan kawasan wisata Danau Toba menjadi destinasi baru berkelas dunia seperti halnya Bali.

Seperti diketahui, Bandara Internasional Silangit adalah bandara yang terletak sangat dekat dengan Danau Toba sehingga perannya cukup signifikan dalam mendukung pertumbuhan pariwasata di kawasan itu. Setelah bandara ini mendapat status internasional, ditargetkan wisatawan mancanegara yang berkunjung dapat mencapai 1 juta orang.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4483 seconds (0.1#10.140)