BI Gelar Festival Keuangan Syariah se-Indonesia

Selasa, 07 November 2017 - 13:58 WIB
BI Gelar Festival Keuangan Syariah se-Indonesia
BI Gelar Festival Keuangan Syariah se-Indonesia
A A A
SURABAYA - Bank Indonesia (BI) hari ini mulai melaksanakan rangkaian awal kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2017. Rangkaian kegiatan ISEF dilaksanakan mulai 7-11 November 2017 dengan tema "Fostering Inclusive Economic Growth and Improving Resiliency Through Closer Collaboration and Coordination".

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, ISEF merupakan event ekonomi dan keuangan syariah terbesar dan terdepan di Indonesia. Acara ini mengintegrasikan pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah.

"Kami bersyukur BI dengan dukungan berbagai pihak terkait dapat menyelenggarakan acara ini setelah melewati rangkaian festival syariah di berbagai kota, yaitu Makassar, Bandung, dan Medan sebagai road to ISEF 2017 yang berlangsung sukses," katanya di Grand City, Surabaya, Selasa (7/11/2017).

Dia menuturkan, ekonomi dan keuangan syariah sejatinya bukan merupakan suatu konsep eksklusif untuk ummat Islam. Namun, ini merupakan suatu konsep inklusif yang secara aktif melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam pergerakan roda perekonomian.

"Nilai dan prinsip dasar ekonomi dan keuangan syariah menjunjung tinggi keadilan, kemaslahatan, kebersamaan, dan keseimbangan dalam pengelolaan sumber daya titipan Allah," imbuhnya.

Menurutnya, nilai ekonomi dan keuangan syariah ini telah lama menjadi ruh dalam pengembangan dan pelaksanaan sistem ekonomi yang sesuai dengan nilai luhur bangsa berlandaskan Pancasila. Nilai ini juga ersifat universal dan telah berjalan beriringan dan selaras dengan berbagai tujuan dunia internasional.

"Ini telah dirumuskan oleh PBB ke dalam beberapa sustainable development goals (SDGs) dalam rangka menjaga kelestarian dan kesinambungan hidup masyarakat dunia secara menyeluruh," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6278 seconds (0.1#10.140)