PLN Tambah Pasokan Listrik 6 MW untuk Nunukan

Selasa, 12 Desember 2017 - 06:01 WIB
PLN Tambah Pasokan Listrik 6 MW untuk Nunukan
PLN Tambah Pasokan Listrik 6 MW untuk Nunukan
A A A
JAKARTA - Guna meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, PLN Wilayah Kaltimra meresmikan tambahan enam unit mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang masing-masing berkapasitas 1.000 kilowatt (kW), di PLTD Sei Bilal, Nunukan.

Dengan beroperasinya tambahan mesin pembangkit ini, kapasitas Sistem Kelistrikan Nunukan bertambah sebesar 6X1.000 kW, atau setara dengan 6 megawatt (MW).

Penambahan enam unit mesin diesel ini disebut sebagai wujud kerja nyata PLN guna memperkuat pasokan listrik di Nunukan yang merupakan salah satu wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Dijalankan dengan skema isolated, sistem kelistrikan Nunukan saat ini memiliki daya mampu berkisar 11 MW dengan beban puncak 10,5 MW.

"Dengan bertambahnya mesin ini daya mampu Sistem Nunukan menjadi 17 MW. Sehingga layanan listrik PLN sangat terbuka bagi pelanggan baru baik industri, bisnis, maupun rumah tangga," ungkap Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Machnizon Masri dalam siaran pers, Senin (11/12/2017).

Machnizon juga menjelaskan tentang rencana proyek kelistrikan Nunukan kedepannya. Langkah demi langkah, kata dia, akan ditempuh guna meningkatkan rasio eletrifikasi di Kaltara yang saat ini pada kisaran 78,81%

"Dalam 3-4 tahun ke depan, PLN memiliki rencana penambahan beberapa pembangkit. Setelah penambahan enam unit hari ini, pada 2018 nanti juga akan ada tambahan 2 MW untuk Pulau Sebatik. Lalu pada PLTMG Nunukan 10 MW yang diharapkan bisa selesai 1,5-2 tahun ke depan," paparnya.

Sistem kelistrikan Nunukan, kata Machnizon, pada 2020 nanti diharapkan sudah terintegrasi dengan sistem Kaltara hingga sistem di Kaltim.

Kini, sistem Nunukan sudah memiliki daya yang cukup. Di sisi lain, PLN juga menjaga kehandalan jaringan agar tidak menghambat laju distribusi listrik kepada masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut, Machnizon berharap peran aktif pemerintah daerah beserta segenap lapisan masyarakat.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengapresiasi langkah PLN yang menambah kapasitas Sistem Nunukan melalui PLTD ini. "Tentunya dengan listrik yang cukup, kualitas kehidupan masyarakat akan meningkat dan roda pemerintahan pun bisa berjalan lebih baik lagi. Saya harap ini merupakan solusi atas kebutuhan listrik bagi warga Nunukan," tuturnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9165 seconds (0.1#10.140)