Potensi EBT di Indonesia Belum Banyak Dimanfaatkan

Selasa, 12 Desember 2017 - 13:06 WIB
Potensi EBT di Indonesia Belum Banyak Dimanfaatkan
Potensi EBT di Indonesia Belum Banyak Dimanfaatkan
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyatakan, pengembangan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia harus sering dibahas bersama dengan berbagai pihak, untuk mendorong sekaligus melakukan pemetaan keperluan beragam EBT yang bisa dikembangkan di Indonesia.

(Baca Juga: Cadangan Energi Fosil Turun, Pertamina Fokus Kembangkan EBT)

Indonesia memiliki potensi EBT yang belum banyak dimanfaatkan, apalagi dengan target pencapaian EBT 2025 sebesar 23% harus ditinjau kembali.

"Untuk mencapai target tersebut harus jelas pemetaannya, misalnya bicara sumber energi angin, di mana sumbernya di Indonesia yang sesuai kebutuhan, begitu juga sumber energi matahari harus tepat pemetaan tempat yang cocok untuk dikembangkan," kata Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Menurutnya, ada sejumlah upaya yang dilakukan Pertamina dalam mengembangkan EBT, di antaranya bekerja sama dengan berbagai pihak seperti dalam pengadaan sumber daya listrik.

Langkah tersebut dinilai Elia akan meningkatkan akselerasi perkembangan teknologi demi tersedianya energi baru tersebut. Dalam target jangka menengah, pengembangan EBT Pertamina difokuskan pada geothermal, bioenergi dan solar panel.

"Geothermal menjadi salah satu potensi EBT yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan transisi energi. Dengan demikian, ketersediaan energi serta kebersihan lingkungan dapat terus dijaga," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5986 seconds (0.1#10.140)