Pertamina Salurkan Rp24 Miliar untuk Kemajuan Pendidikan

Minggu, 17 Desember 2017 - 06:34 WIB
Pertamina Salurkan Rp24 Miliar untuk Kemajuan Pendidikan
Pertamina Salurkan Rp24 Miliar untuk Kemajuan Pendidikan
A A A
JAKARTA - Kemajuan suatu masyarakat salah satunya ditentukan oleh kemajuan pendidikannya. Mendasari hal tersebut, PT Pertamina (Persero) menyalurkan bantuan bagi kemajuan dunia pendidikan serta kegiatan pendorong ekonomi mandiri bagi masyarakat.

Bantuan tersebut diserahkan bersamaan dalam perhelatan Pertamina Eco Run 2017 di Pantai Festival Ancol, Sabtu 16 Desember 2017.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito menjelaskan bantuan pendidikan senilai Rp6 miliar diperuntukkan bagi pembangunan taman bacaan Pertamina sebanyak 60 titik di daerah tertinggal dan kawasan Indonesia timur. Diantaranya wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, seperti Sebatik, Sebakung, dan lain-lain.

"Taman bacaan ini sengaja kami fokuskan mengingat jauhnya wilayah tersebut dari pusat kota, sehingga anak-anak di wilayah tersebut sulit menjangkau buku-buku yang bisa memperkaya pengetahuan dan informasi mereka," jelas Adiatma, Sabtu (16/12/2017).

Sementara untuk mendorong pengembangan ekonomi masyarakat, Pertamina juga memberikan bantuan bagi Sentra Pemberdayaan Tani (SPT) di wilayah Jawa dan luar Jawa senilai lebih dari Rp12 miliar.

SPT yang difokuskan pada kegiatan pengembangan pertanian buah-buahan, seperti klengkeng, buah naga, mangga, dan srikaya di wilayah Wonigiri, Grobogan, dan Kendal.

"Bantuan pengembangan sektor pertanian di beberapa wilayah target, Pertamina juga akan memberikan pendampingan dan membuka akses pemasaran," sambung Adiatma.

Selain bantuan pendidikan dan pengembangan pertanian, Pertamina juga mendukung program bersama BUMN untuk mendorong pengembangan Usaha Kecil dan Menengah melalui Program Rumah Kreatif BUMN (RKB). Pada program ini juga dilakukan pendampingan bagi para pelaku UKM untuk mengembangkan usaha dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatkan akses pemasaran, dan kemudahkan akses permodalan.

"RKB yang kami kembangkan untuk tahap kedua ada 15 lokasi dan Pertamina telah menyalurkan bantuan hampir Rp6 miliar. Para pelaku UKM akan mampu beradaptasi dengan era digital," ujarnya.

Lokasi yang menjadi target RKB Pertamina umumnya berada di wilayah operasi perusahaan, diantaranya: Aceh Timur, Aceh Tamiang, Rejang Lebong, Purbalingga, Berau, Dumai, Seruyan, Tojo Una Una, Sumbawa Barat, Situbondo, Tanjung Jabung Barat, Luwu Utara, dan Halmahera Timur.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7441 seconds (0.1#10.140)