Tingkatkan Daya Saing Pariwisata Lewat Mertasari Beach Cleaning

Jum'at, 22 Desember 2017 - 14:43 WIB
Tingkatkan Daya Saing Pariwisata Lewat Mertasari Beach Cleaning
Tingkatkan Daya Saing Pariwisata Lewat Mertasari Beach Cleaning
A A A
SANUR - Penguatan sektor pariwisata terus dilakukan dengan berbagai cara, tidak hanya dari sisi promosi dan penjualan tetapi juga penguatan titik-titik yang menjadi kelemahan pariwisata Indonesia. Yakni safety and security, environment sustainability, ICT Readiness, healty and hygiene dan 14 pilar lainnya.

Salah satunya lewat acara bertajuk "Pesona Pulau Dewata Mertasari Beach Cleaning" yang dinisiasi oleh Association of The Indonesian Tours an d Travel Agencies (ASITA). Secara sukarela, lebih dari 500 orang berkumpul, melakukan aksi bersih-bersih Pantai Mertasari, Sanur, Bali beberapa waktu lalu.

ASITA terus mengampanyekan pentingnya menjaga lingkungan serta secara rutin melakukan kegiatan-kegiatan sosial melalui programnya ASITA Care atau ASITA Peduli. Kebersihan, kesehatan, dan melestarikan lingkungan menjadi konsen, lantaran erat kaitannya dengan sektor pariwisata.

"Kita ramai-ramai datang ke Pantai Mertasari untuk memungut sampah sepanjang pantai kurang lebih dua kilometer. Kemudian sampah dikumpulkan dan dibawa oleh petugas yang sudah stand by untuk membawa sampah yang kita kumpulkan," ujar Ketua DPD ASITA Provinsi Bali Ketut Ardana dalam keterangan tertulisnya.

Pantai Mertasari, Sanur dikenal dengan suguhan pemandangan pantai yang begitu indah. Ditambahkan salah satu keunikannya, wisatawan dapat melihat momen matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) dari pantai ini.

Pasirnya yang putih ditambah jejeran batu karang yang tersusun rapi menambah keindahan pantai. Melalui Pantai Mertasari juga, wisatawan bisa menuju Dream Island dimana wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti water sport activity, memberi makan hiu, atau sekadar berselfie ria.

Salah satu spot favorit di kawasan ini adalah ayunan pantai yang mirip dengan seperti yang ada di Gili Trawangan. Ketut mengatakan, kegiatan ini diikuti lebih dari 500 orang yang berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari seluruh anggota ASITA, mahasiswa dari sekolah-sekolah pariwisata di Bali, serta beberapa komunitas bahkan wisatawan mancanegara sekalipun tidak ketinggalan ikut serta.

"Penguatan lingkungan dan peningkatan kesadaran masyarakat memang harus menjadi salah satu point utama yang diperkuat. Sebab ini menjadi komponen yang membuat peringkat pariwisata Indonesia masih tertinggal," ujarnya.

Ketut memang tidak asal bicara. Di tengah melesatnya indeks daya saing pariwisata Indonesia ke peringkat 42 dalam Travel and Tourism Competitivenes Index (TTCI) yang dikeluarkan oleh World Economic Forum (WEF) pada April 2017 lalu, dijabarkan masih ada beberapa hal yang menjadi titik kelemahan pariwisata Indonesia. Yakni Health and Hygiene berada di peringkat 108 serta Environment Sustainability yang berada di peringkat 131 dari 134 dunia.

Karena itu diperlukan peran serta oleh semua pihak, termasuk ASITA dalam ikut meningkatkan komponen-komponen yang akan memperkuat indeks daya saing pariwisata Indonesia. "Tidak hanya acara ini, sebelumnya ASITA juga melakukan pemeliharaan mangrove seluas kurang lebih 2 hektare. Dari mulai menanam sampai saat ini tinggi pohon mangrove sudah mencapai 2,5 meter," terang Ketut.

Lebih jauh Ia menambahkan, kegiatan "Clean Up Beach" ini juga sekaligus sebagai kampanye kepada publik bahkan masyarakat dunia bahwa Bali aman. Berbagai lokasi wisata di Bali tidak terpengaruh dengan aktivitas vulkanik Gunung Agung.

"Bali tidak aman? Saya tidak setuju dengan itu. Karena gunung itu jaraknya sangat jauh sekali dari pusat kegiatan pariwisata. Kegiatan pusat pariwisata itu ada di Kuta, ada Seminyak, ada Legian, ada Nusa Dua, ada Ubud, ada Buleleng, dan lain sebagainya,” tegas Ketut Ardana.

Adapun daerah yang dilarang untuk aktivitas wisata hanyalah 6-10 kilometer dari Gunung Agung. “Sudah dijelaskan diinformasikan oleh Pemerintah bahwa radius 6 sampai 10 kilometer, itulah titik yang berbahaya yang tentu juga kita tidak mau kesitu. Tentu juga kita tidak mungkin kita akan menjual tour ke sana tetapi di daerah lainnya ditempat lainya normal dan aman," ucap Ketut.

Ia pun berharap wisatawan tidak terpengaruh dengan berita-berita yang tidak benar terkait Gunung Agung. “Bisa kita lihat disini bahwa masyarakat dengan santai sekali datang beramai-ramai ikut bersama membersihkan pantai ini. Itu menandakan bahwa Bali itu aman," ungkapnya,

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik dan mengapresiasi langkah yang dilakukan ASITA bersama stakeholder terkait di Bali serta masyarakat. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan harus juga menjadi dasar pemikiran. Tidak hanya di Bali yang kehidupannya sangat erat dengan pariwista, tapi juga daerah-daerah lainnya di Indonesia.

"Untuk memperbaikinya (kesadaran menjaga lingkungan,red) memang tak bisa instan. Tak bisa juga digarap Kemenpar sendirian. Indonesia Incorporated, harus kerja bareng bergotong royong dengan kementerian dan lembaga lain," kata Menpar Arief Yahya.

Mantan Dirut Telkom itu berharap, ke depannya semua sektor yang berhubungan dengan industri pariwisata terus berbenah dan bersinergi demi mewujudkan target yang akan dicapai pada tahun 2019 tersebut.

“Semua unsur yang menjadi kelemahan terus kita perbaiki dengan melibatkan stakeholder, pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, pers, dan komunitas masyarakat atau sebagai kekuatan pentahelix. Sinergisitas pentahelix ini merupakan kunci sukses dalam mengembangkan pariwisata nasional,” ujarnya.

Sementara terkait dengan kondisi Bali saat ini, ia juga meminta seluruh pihak ikut andil memberikan informasi yang baik dan jelas kepada masyarakat. Namun lebih dari itu, ia mengajak industri untuk bersama-sama melakukan recovery untuk memulihkan Pariwisata Bali yang terdampak.

Pariwisata Bali sempat menukik dalam satu bulan ini, dan kini saatnya pelaku industri bisa melakukan langkah-langkah strategis. Diantaranya memberikan penawarakan spesial yang tidak bisa ditolak wisatawan.

Gerakan untuk menjaga agar pilar-pilar utama 14 point di TTCI memang terus dititipkan ke semua unsur Pentahelix, ABCGM. Academician, Business, Community, Government, Media. “Kalau gotong royong, semua bergerak, lintas kelembagaan, kita akan semakin efektif membuat seluruh destinasi kita semakin kompetitif,” jelas Menpar.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3847 seconds (0.1#10.140)