Libur Natal-Tahun Baru, Jumlah Penumpang KAI Daop 4 Naik 5%

Jum'at, 22 Desember 2017 - 20:05 WIB
Libur Natal-Tahun Baru, Jumlah Penumpang KAI Daop 4 Naik 5%
Libur Natal-Tahun Baru, Jumlah Penumpang KAI Daop 4 Naik 5%
A A A
SEMARANG - PT KAI Daop 4 Semarang menetapkan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018 selama 17 hari, yakni dari 22 Desember 2017-7 Januari 2018. Dalam periode tersebut, PT KAI memberikan perhatian yang ekstra di segala aspek operasional kereta api (KA).

Di sisi prasarana, PT KAI Daop 4 Semarang menyiagakan alat material untuk siaga (AMUS), diantaranya bantalan rel, batu balas, karung pasir, dan sebagainya di seluruh wilayah operasi guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terutama di 17 daerah rawan wilayah Daop 4 Semarang.

Selain itu, PT KAI Daop 4 Semarang juga menambah total 198 personel di sepanjang jalur rel yang terdiri dari petugas penilik jalan (PPJ) ekstra, sejumlah 85 personel, penjaga jalan lintasan (PJL) ekstra 86 personel, penjaga daerah rawan 27 personel, ditambah petugas Flying Gank yang siaga 24 jam untuk mencegah terjadinya gangguan perjalanan KA.

Untuk kebutuhan medis, PT KAI Daop 4 Semarang menyediakan posko kesehatan di lima lokasi yang terletak di Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, dan Cepu. PT KAI Daop 4 Semarang juga menyiagakan lima orang dokter umum, dan 15 orang paramedis yang akan siap membantu memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa KA di stasiun.

Berbagai fasilitas penunjang kesehatan juga disiapkan di berbagai stasiun, diantaranya lima unit ambulans, 20 unit kursi roda di 20 stasiun, 20 unit tandu di 20 stasiun, dan empat unit AED (Automated External Defibrillators) atau perangkat dasar penyelamat jantung yang ada di Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, dan Cepu.

Selain itu, bagi para ibu menyusui yang menjadi pengguna jasa KA, PT KAI Daop 4 Semarang juga menyediakan fasilitas ruang laktasi yang tersebar di 14 stasiun wilayah Daop 4 Semarang, diantaranya: Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Alastua, Brumbung, Sedadi, Ngrombo, Kradenan, Cepu, Kedungjati, dan Gundih.

Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengatakan, sebagai upaya untuk menjamin keamanan penumpang di stasiun maupun di atas KA, PT KAI Daop 4 Semarang mengerahkan petugas keamanan sebanyak total 515 personel yang terdiri dari 76 personel petugas eksternal (TNI dan Polri) dan 439 personel internal (105 Polsuska dan 334 sekuriti).

"Selain itu, pengamanan di stasiun akan diperkuat dengan adanya K9 atau anjing pelacak yang akan beroperasi di Stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol," katanya usai gelar pasukan, Jumat (22/12/2017).

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini PT KAI juga dibantu dengan kehadiran anggota komunitas pecinta KA yang akan turut serta menyukseskan angkutan Natal dan Tahun Baru melalui kegiatan pelayanan di stasiun-stasiun.

"Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk turut menyukseskan Angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Dengan bantuan dari beberapa pihak seperti TNI, Polri, dan para anggota komunitas pecinta KA. Kami harap angkutan Nataru tahun ini dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan terkendali," ujarnya.

Ia menambahkan, total perjalanan KA penumpang di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang pada masa Angkutan Nataru berjumlah 74 perjalanan KA, terdiri dari 48 perjalanan KA jarak jauh/menengah reguler, 12 perjalanan KA jarak jauh/menengah tambahan, dan 14 perjalanan KA lokal regular.

Dengan penambahan 12 perjalanan KA jarak jauh/menengah tambahan tersebut, tersedia tambahan tempat duduk sebanyak 3.806 seat. "Diprediksi jumlah penumpang selama 17 hari pada masa Angkutan Nataru di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang berjumlah 346.174 penumpang atau naik 5% dibanding tahun lalu yang berjumlah 329.847 penumpang," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7742 seconds (0.1#10.140)