Tingkatkan Kontribusi Sektor Wisata, Pemprov Jatim Gencar Promosi

Rabu, 27 Desember 2017 - 15:18 WIB
Tingkatkan Kontribusi Sektor Wisata, Pemprov Jatim Gencar Promosi
Tingkatkan Kontribusi Sektor Wisata, Pemprov Jatim Gencar Promosi
A A A
SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) berupaya agar kontribusi produk domestik regional bruto (PDRB) sektor pariwisata terus meningkat. Saat ini, PDRB Jatim mencapai Rp1.800 triliun dengan kontribusi sektor pariwisata baru mencapai Rp100 triliun.

Guna menggairahkan sektor pariwisata, Pemprov Jatim terus mempromosikan destinasi wisata baru. Salah satunya mempromosikan Lingkar Wilis menjadi salah satu destinasi wisata alam unggulan seperti Gunung Bromo dan Kawah Ijen. Lingkar Wilis berada di Gunung Wilis terletak lintas batas di 6 kabupaten, yaitu Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, dan Nganjuk.

"Potensi wisata Lingkar Wilis cukup bagus, namun kurang bisa dipromosikan karena minimnya infrastruktur pendukung,” kata Ketua Badan Promosi Pariwisata (BPP) Jatim, Dwi Cayono di Surabaya, Rabu (27/12/2017).

Lanjut dia mengungkapkan, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jatim telah berupaya mempromosikan dan menjual potensi wisata Lingkar Wilis. Hanya saja langkah tersebut terkendala minimnya infrastruktur pendukung.

Sehingga upaya tersebut kurang disambut baik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Padahal, Lingkar Wilis ini layak dijual karena masuk dalam kategori wisata Saujana, yaitu wisata alam yang diperkuat dengan wisata budaya. "Yang dijual tidak hanya potensi keindahan alamnya, tapi juga kebudayaan masyarakat setempat,” ujarnya.

Salah satu infrastruktur pendukung yang harus segera dibangun ataupun diperbaiki, menurutnya yakni akses jalan. Hal ini lantaran karena jalan yang mengarah ke Lingkar Wilis masih sangat sederhana, sempit dan butuh untuk diperlebar demi kenyamanan wisatawan yang akan berkunjung.

Selain itu fasilitas penginapan ataupun hotel berbintang juga harus disediakan. "Ketika ada ratusan atau bahkan ribuan wisatawan yang berkunjung, hotel menjadi fasilitas urgen yang harus siap menampung wisatawan ini," tandas Dwi.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Jarianto menambahkan, pihaknya memang telah menargetkan Lingkar Wilis menjadi salah satu wisata andalan Jatim yang baru. Lingkar Wilis ini destinasi pariwisata baru dan menjadi andalan untuk turis domestik maupun mancanegara.

Potensi wisatanya, berupa destinasi yang melingkari Gunung Wilis seperti cincin sehingga dinamakan Lingkar atau Cincin Wilis. "Potensi Lingkar Wilis ini sangat besar. Bahkan bisa-bisa menyaingi Gunung Bromo atau Kawah Ijen sebagai wisata andalan di Jatim," ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini proses persiapan pembangunan sarana dan prasarana, serta jalan akses yang menuju maupun menghubungkan 6 daerah sedang dilakukan. Nantinya, kata dia, akan dibangun penginapan, tempat kuliner, tempat santai dan sebagainya.

Bahkan, proyek pembangunan Lingkar Wilis sudah dibicarakan dengan seluruh kepala daerah, dan telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Gubernur Jatim Soekarwo dan seluruh bupati setempat dalam naskah Kerjasama Antar Daerah di Selingkar Gunung Wilis “Tunggal Rogo Mandiri”. "Di Lingkar Wilis ini, sekitar pukul 16.00 WIB sudah gelap dan cuacanya dingin. Cocok untuk yang suka dingin, penikmat pariwisata alam dan gunung," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6383 seconds (0.1#10.140)