Luncurkan Aplikasi Kargo, Pelni Genjot Pengiriman Barang

Kamis, 04 Januari 2018 - 19:02 WIB
Luncurkan Aplikasi Kargo,...
Luncurkan Aplikasi Kargo, Pelni Genjot Pengiriman Barang
A A A
JAKARTA - PT Pelni (Persero) meluncurkan aplikasi pelayanan pengiriman kargo kontainer dalam rangka mempermudah pengiriman kargo/kontainer pemilik barang. Selain mempermudah pengiriman barang/kontainer, aplikasi tersebut ditargetkan mendorong peningkatan pengiriman barang/kontainer.

Direktur Usaha dan Angkutan Pelni, Harry Budiarto mengatakan layanan aplikasi Pelni Logistic merupakan upaya perseroan mempermudah pelanggan Pelni di sektor jasa pengiriman barang. Diharapkan pengguna bisa memanfaatkan pengiriman melalui aplikasi tersebut dengan cukup efektif tanpa perlu mendatangi kantor-kantor Pelni.

"Ini bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas kami di Pelni. Setiap pemilik barang bisa menggunakan aplikasi ini dan terpantau semua di aplikasi baik itu mengenai jadwal kapal, tarif per kontainer dan pelabuhan bongkar muatnya," ungkap Harry di Kantor Pusat Pelni, Kamis (4/1/2018).

Aplikasi Pelni Logictic saat ini melayani tiga kapal pada 12 kota pelabuhan yang dilalui kapal penumpang PELNI. Jumlah itu, kata Harry akan bertambah pada akhir April 2018 menjangkau 26 kapal penumpang PELNI serta 96 kota yang dilaluinya. Aplikasi bernama PELNI Logistic ini sudah bisa diunduh dan tersedia pada layanan AppStore maupun Smartphone Apple.

Adapun pelayanan barang/kontainer PT Pelni sendiri ditangani melalui anak usaha PT Sarana Bandar Nusantara (SBN). Direktur Utama PT SBN, Suharyanto mengatakan, layanan aplikasi ini memungkinkan bertambahnya kontribusi SBN terhadap induk usaha PT Pelni. "Kira-kira bisa meningkat 15 hingga 20% tahun 2018," ungkapnya.

Adapun tahun lalu 2017 pendapatan SBN di sektor ini mencapai Rp260 miliar. "Tentunya akan lebih mudah dan efisien. Kemudian, semua bisa memantau barang atau kontainernya secara real time. Makanya kami optimis peningkatan sektor barang/ kontainer bisa meningkat sebab kelasnya juga bersifat premium," pungkas dia.

Sebagai informasi, saat ini PT Pelni mengoperasikan sebanyak tujuh kapal tol laut dengan total kapasitas angkut mencapai 1.505 TEUs. Selain itu Pelni juga mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dengan fasilitas ruang muat kontainer. PT PELNI diberikan penugasan oleh pemerintah mengoperasikan sebanyak 46 kapal perintis dan satu unit kapal ternak.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0457 seconds (0.1#10.140)