AP 2 Kampanyekan Keselamatan Penerbangan di Bandara Soetta

Senin, 05 Februari 2018 - 20:08 WIB
AP 2 Kampanyekan Keselamatan Penerbangan di Bandara Soetta
AP 2 Kampanyekan Keselamatan Penerbangan di Bandara Soetta
A A A
TANGERANG - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Angkasa Pura (AP) II melakukan kampanye keselamatan penerbangan atau Ramp Safety Campaign 2018. Kampanye ini dilakukan selama beberapa hari, mulai 5 Februari hingga 12 Februari 2018.

Kampanye yang diprakarsai PT AP II (Persero) ini juga turut menggandeng seluruh komunitas yang ada di bandara. "Ini merupakam acara rutin setiap tahun yang dimulai sejak 2013," kata Presiden Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, yang memimpin kampanye, di Bandara Soetta, Senin (5/2/2018).

Melalui kegiatan ini, Awal berharap, kepada seluruh stakeholder yang ada di Bandara Soetta agar meningkatkan dan menumbuhkan kepedulian pentingnya keselamatan operasional penerbangan.

"Aktivitas penerbangan di Bandara Soetta menunjukan perkembangan yang terus meningkat, baik konektivitas dan jumlah penumpang. Terbukti tahun 2017, lonjakan penumpang menembus 63 juta," jelasnya.

Beberapa hal yang masih menjadi fokus dalam kampanye itu meliputi pencapaian accident rate operasi penerbangan, frequency rate dalam kecelakaan kerja, dan tindak lanjut audit keselamatan.

"Tidak hanya itu, hazard reporting, serta pelaksanaan kegiatan runway safety team meeting, dan panitia pembina K3 juga menjadi sangat penting dalam upaya keselamatan penerbangan," ungkapnya.

Berdasarkan data keselamatan (safety report di Bandara Soekarno-Hatta, secara signifikan laporan keselamatan mengalami peningkatan dari 52 laporan di 2015, menjadi 162 laporan di 2016.

"Adanya peningkatan yang signifikan ini, didorong oleh penerapan sistem informasi teknologi yang memudahkan pelaporan. Sementara di tahun 2017 jumlah laporan keselamatan ada 66 laporan," tukasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7278 seconds (0.1#10.140)