Menteri Rini Pacu Sinergi BUMN dan BumDes

Kamis, 19 April 2018 - 21:48 WIB
Menteri Rini Pacu Sinergi BUMN dan BumDes
Menteri Rini Pacu Sinergi BUMN dan BumDes
A A A
KARAWANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) PT Mitra Desa Bersama Tempuran atau disebut juga PT Mitra Sasaran, di Desa Lemahduhur, Kecamatan Rawamerta, Karawang, Jawa Barat, Kamis (19/4/2018). BUMDes Mitra Sasaran ini merupakan salah satu saluran program kewirausahaan sekaligus peningkatan kesejahteraan petani, yang dikembangkan oleh PT Pupuk Indonesia melalui salah satu anggota perusahaanya yaitu PT Pupuk Kujang.

Mitra Sasaran ini akan jadi mitra petani dalam berbagai kegiatan produksi tani mereka, seperti proses penyediaan bibit, pupuk, pengajuan Kredit Usaha Rakyat, hingga penjualan hasil tani. "BUMN membuat program yang namanya wira usaha petani yaitu BUMN yang bersinergi dengan petani. Ini sesuai arahan presiden agar BUMN membantu para petani agar pendapatannya lebih baik lagi dari sekarang," ujar Rini yang didampingi Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana.

"Dalam wira usaha petani ini kita berpartner dengan Gapoktan dan BumDes yang fungsinya nanti mereka membeli gabah petani, kemudian memprosesnya. Ada juga nantinya toko untuk menjual pupuk bersubsidi dan menjual alat-alat seperti semprotan dan lainnya. Jadi kalau sudah panen petani bisa menghubungi BumDes biar nanti dibeli karena BumDes sudah mendapat bantuan modal," sambungnya.

Selain kegiatan di lokasi BUMDes Mitra Sasaran, para rombongan Menteri BUMN didampingi Bupati Karawang dan jajaran Direksi Pupuk Indonesia dan Pupuk Kujang melakukan kegiatan Panen bersama di kecamatan Tempuran. Kemudian ada penyerahan Bantuan CSR dari Pupuk Indonesia yaitu Bedah Sekolah berupa pembangunan ruang kelas & tambahan MCK untuk SDN Lemah Duhur 2 dan 3.

Bantuan CSR ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Pupuk Indonesia kepada generasi penerus bangsa, dalam kesempatan tersebut diberika kepada siswa siswi di Kecamatan Tempuran.

Sementara itu Direktur Utama Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat mengatakan dengan pertumbuhan BUMDes di seluruh Desa khususnya di Rawamerta ini diharapkan petani atau masyarakat desa tidak akan lagi menjual bahan mentah, melainkan olahannya.

“Kami mendukung sepenuhnya atas program pemerintah antara Perusahaan Holding Pupuk Indonesia dengan Kementerian BUMN dan pemerintahan Daerah Karawang, untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian para petani khususnya Jawa Barat dengan program BUMDes ini,” kata Aas Asikin Idat.

Aas menambahkan PT Pupuk Kujang ditunjuk sebagai salah satu perusahaan yang bertanggung jawab dalam mendukung operasional BUMDes PT Mitra Sasaran. Nugraha Budi Eka Irianto selaku Direktur Utama Pupuk Kujang berharap kehadiran BUMDes Mitra Sasaran kedepan memacu peningkatan ekonomi masyarakat sebagai pasar dari produk lokal serta menghargai produk lokal masyarakat.

"Sebagai perusahaan petrokimia terbesar di Jawa Barat, kami berharap masyarakatnya khususnya Karawang tidak hanya menjadi penonton ditempatnya sendiri, tetapi dengan adanya BUMDes Mitra Sasaran, dapat mengajak mereka sebagai produsen produk lokal sehingga memacu peningkatan ekonomi masyarakat, apalagi Karawang merupakan salah satu wilayah lumbung padi terbesar di Jawa Barat," ujarnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9113 seconds (0.1#10.140)