Produsen Gitar Gibson Dibayangi Kebangkrutan

Rabu, 02 Mei 2018 - 19:24 WIB
Produsen Gitar Gibson Dibayangi Kebangkrutan
Produsen Gitar Gibson Dibayangi Kebangkrutan
A A A
NASHVILLE - Perusahaan pembuat gitar listrik asal Amerika Serikat (AS) Gibson yang telah dimainkan oleh bintang-bintang musik kelas dunia seperti Elvis, Keith Richards, Jimmy Page hingga Slash tengah dibayangi kebangkrutan. Produsen gitas yang berbasis di Nashville mengajukan perlindungan kebangkrutan setelah terjerat utang mencapai USD500 juta.

Seperti dilansir CNBC, pemberi pinjaman bakal mengambil kendali dari perusahaan gitar legendaris asal AS yang didirikan pada tahun 1902, silam. Awal kepailitan Gibson diawali pada 2014, dimana Gibson membeli usaha peranti konsumer elektronik dari Philips di Hongkong dengan harga senilai USD135 juta. Namun Dalam rencana yang dipersyaratkan untuk pengajuan perlindungan kebangkrutan, Gibson menyatakan bakal menutup unit bisnis peranti elektronik di luar negerinya.

Lebih lanjut Gibson menegaskan bakal kembali fokus membuat gitar dan industri audio. Chief executive Henry Juszkiewicz, yang membeli perusahaan itu pada 1986, mengatakan dalam pengajuan perlindungan kebangkrutan Bab 11 akan menjamin "stabilitas jangka panjang dan kesehatan keuangan" perusahaan. Di bawah langkah-langkah kebangkrutan, Gibson akan mengakhiri bisnis dengan brand seperti KRK, Cerwin Vega dan Stanton headphone Stanton, pengeras suara serta turntable.

Sebagai sebuah perusahaan pembuat gitar listrik legendaris, awal mula Gibson terpusat di Nashville dan Memphis. Adapun gitar akustik Gibson diproduksi di Bozeman, Montana. Setiap tahun, sekitar 170.000 gitar Gibson dijual ke lebih dari 80 negara. Tercatat penjualan gitar listrik melonjak lebih dari 10% menjadi USD122 miliar dalam 12 bulan hingga Januari.

Juszkiewicz sendiri mengakuisisi Gibson pada 1986. Dalam pakta restrukturisasi, pemberi pinjaman senior Gibson seperti Silver Point Capital, Melody Capital Partners LP, dan penyedia dana yang berafiliasi ke KKR Credit Advisor akan menukarkan tagihan utang dengan kepemilikan ekuitas perusahaan setelah reorganisasi. Ini bertujuan untuk keluar dari perlindungan kebangkrutan pada 24 September.

Instrumen yang terdokumentasi paling awal yang diproduksi oleh pendiri Orville Gibson yakni mandolin yang dibuat pada tahun 1894, dengan perusahaan yang secara resmi didirikan delapan tahun kemudian. Dalam sejarahnya, mungkin gitar Gibson yang paling terkenal yakni Gibson Les Paul yang pertama kali dibuat pada 1940 setelah gitaris Les Paul bekerja sebagai desainer di perusahaan.

Gibson Les Paul menjadi salah satu gitar solid body pertama yang dibangun untuk bersaing dengan rival mereka yakni Fender. Slash dari Guns N 'Roses menjadi gitaris yang paling terkenal terkait dengan Les Paul untuk kemudian menjadi duta resmi Gibson. Sedangkan Jimmy Page dari Led Zeppelin beralih dari Fender Telecaster ke Gibson Les Paul dengan melakukan modifikasi untuk membantu menghasilkan suara khasnya.

Sementara Bob Marley juga menjadi salah satu musisi yang kerap memakai Gibson Les Paul Junior yang dimodifikasi. Noel Gallagher dari Oasis juga memiliki Gibson Les Paul hitam yang dimainkan Johnny Marr di album The Smiths, The Queen is Dead.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4549 seconds (0.1#10.140)