HT Ajak Semua Pihak Kuatkan Nilai Tukar Rupiah

Rabu, 09 Mei 2018 - 10:13 WIB
HT Ajak Semua Pihak Kuatkan Nilai Tukar Rupiah
HT Ajak Semua Pihak Kuatkan Nilai Tukar Rupiah
A A A
JAKARTA - Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengajak seluruh pihak bergandengan tangan memperkuat nilai tukar rupiah. Menurutnya pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berpotensi membuat harga barang-barang kebutuhan pokok melonjak.

Alasannya barang yang dikonsumsi mengandung unsur impor. Di sisi lain harga barang juga akan mengalami kenaikan jelang lebaran. Artinya bila tak segera diatasi kenaikan harga barang akan semakin tinggi.

“Bagi yang memiliki dolar konversi ke rupiah, kita bergandengan bantu ekonomi kita. Pelemahan rupiah bisa menimbulkan inflasi, apalagi mendekati Lebaran. Pemerintah dan BI diharapkan intervensi, yakinkan pasar. Nilai tukar bukan masalah fundamental saja, tapi juga psikologis,” terang HT.

Dia juga mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan untuk mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Berdasarkan catatan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sudah melewati Rp14.000/USD. Pada perdagangan Selasa (8/5), kurs rupiah ditutup di level Rp14.052 per dolar AS atau melemah 0,3% dibandingkan hari sebelumnya.

Menurut HT, BUMN dan para eksportir sebaiknya bergerak untuk memperkuat rupiah. “BUMN sebaiknya melepas dolarnya redam pelemahan rupiah. Eksportir besar yang taruh dolarnya di luar negeri, bawa pulang konversi ke rupiah,” tuturnya.

Pria asal Surabaya, Jawa Timur itu mengatakan, banyak eksportir yang lebih memilih menaruh dolar-nya di luar negeri, seperti Singapura. Pria yang menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia dan Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) itu juga mengimbau siapapun yang memiliki dolar AS untuk segera menukarkannya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5459 seconds (0.1#10.140)