Kementan Gelontorkan Rp1 Triliun untuk Alat Pengering Bagi Petani

Rabu, 09 Mei 2018 - 15:25 WIB
Kementan Gelontorkan Rp1 Triliun untuk Alat Pengering Bagi Petani
Kementan Gelontorkan Rp1 Triliun untuk Alat Pengering Bagi Petani
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menyediakan anggaran Rp1 triliun untuk menyiapkan 1.000 unit pengering (dryer) gratis bagi petani. Upaya tersebut menjadi salah satu pendorong untuk mempercepat serapan gabah ataupun beras petani.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, hal ini dilakukan berdasarkan arahan presiden untuk cepat menyerap beras petani. Guna menindaklanjutinya, Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan efisiensi program kerja, hasilnya digunakan untuk keperluan serapan gabah seperti memberikan pengering padi gratis.

"Kami revisi anggaran Rp1 triliun untuk membeli 1.000 unit. Artinya bisa memenuhi kapasitas 10.000 sampai 15.000 ton per hari, artinya tidak ada lagi keluhan kadar air tinggi," ujar Mentan di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Menurut Amran, pembagian pengering bagi petani sangat penting bagi petani, utamanya untuk menjaga kualitas beras. Selain itu, harga beras di tingkat petani menjadi stabil. "Gabah di tingkat petani bisa diangkat, Bulog terima harga karena di bawah HPP, artinya bulog bisa pastikan jual lebih rendah," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, kerja sama ini dilakukan sebagai upaya mengondisikan dan mengoptimalkan seluruh perangkat pengadaan beras untuk mencapai target pengadaan 2018.

"Untuk itu saya mengharapkan kerja sama yang baik dari semua pihak dalam rangka pencapaian target yang telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga dapat mendistribusikan beras dengan aman, berkualitas dan terjangkau," tegasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5787 seconds (0.1#10.140)