Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG di Jabar Aman Selama Ramadhan

Selasa, 15 Mei 2018 - 13:15 WIB
Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG di Jabar Aman Selama Ramadhan
Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG di Jabar Aman Selama Ramadhan
A A A
BANDUNG - Pertamina Marketing Operation Region III menjamin kecukupan BBM dan LPG aman di Jawa Barat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriah. Untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan, Pertamina telah melakukan antisipasi dengan sejumlah strategi.

Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati mengatakan, kenaikan permintaan BBM dibandingkan konsumsi normal pada 2018 dan dibandingkan saat masa satuan tugas (satgas) yang berlangsung mulai H-15 hingga H+15 Idul Fitri 1439 H, diperkirakan sekitar 9,99% untuk BBM jenis gasoline. Yaitu Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Sementara untuk jenis gasoil, yakni Solar, Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex diprediksi turun sekitar 3,80%.

Sedangkan permintaan untuk produk LPG di wilayah Jawa Barat, kata Dian, diperkirakan naik dibandingkan konsumsi normal selama 2018. LPG 3 kilogram (kg) naik sebesar 11,2%. Kondisi sama diprediksi terjadi pada permintaan LPG nonsubsidi seperti Bright Gas 5,5 kg, Bright Gas 12 kg dan LPG 12 kg yang diperkiraan meningkat 7,9%.

"Untuk mengantisipasi kenaikan permintaan dan kelangkaan, Pertamina telah menambah stok. Jadi masyarakat jangan khawatir, pasokan BBM dan LPG aman. Permintaan produk gasoil biasanya turun selama masa satgas Idul Fitri karena ada aturan yang membatasi waktu operasional kendaraan angkutan besar di jalur tol," kata Dian, Selasa (15/5/2018).

Selain menambah pasokan, ujar Dian, Pertamina juga berkoordinasi dengan kepolisian dan dinas perhubungan untuk mengantisipasi jalur atau titik kemacetan di jalan raya. Hal ini penting agar Pertamina dapat mempersiapkan jalur alternatif untuk distribusi BBM ke SPBU-SPBU di seluruh wilayah Jabar dengan mobil tangki.

Sedangkan selama masa mudik, Pertamina mengimbau kepada masyarakat agar mengisi kendaraannya hingga penuh sebelum melakukan perjalanan. "Segera melakukan pengisian kembali begitu indikator BBM menunjukkan angka setengah. Hal ini dilakukan agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan," ujar dia.

Di sisi lain, Pertamina juga memastikan SPBU memberikan pelayanan prima untuk semua produk, termasuk Premium. Hingga kini ada sekitar 320 SPBU yang menyediakan Premium di Jawa Barat.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6902 seconds (0.1#10.140)