10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

Rabu, 06 Juni 2018 - 17:00 WIB
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia
A A A
SISTEM kapitalisme saat ini menjadi salah satu sistem ekonomi yang diadopsi hampir mayoritas negara di dunia. Meski dengan berbagai variasinya dianggap sistem ekonomi terbaik namun kapitalisme ternyata juga menyimpan ancaman dalam dirinya berupa krisis moneter yang dampaknya bisa meluluhlantakkan perekonomian sebuah negara jika tidak diantisipasi. Berikut 10 krisis moneter terburuk sepanjang sejarah

1. Kepanikan Bank, 1907
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

Kepanikan pada 1907 terjadi karena terjun bebasnya pasar saham Dow lebih dari 50% dibanding tahun sebelumnya. Pemicunya adalah over-ekspansi dan spekulasi pasar yang buruk. Pasar saham jatuh pada Maret dan terulang kembali pada Oktober, menyebabkan hilangnya kepercayaan pada bank disusul bangkrutnya Bank Amerika Utara. Pada Februari 1908 kepercayaan publik mulai pulih dan pada Mei, Kongress menyetujui Undang-undang Aldrich-Vreeland Act dan membentuk Komisi Moneter Nasional untuk meredam setiap kepanikan pasar di masa datang.

2. Hiperinflasi Jerman, 1918-1924
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

Meskipun hiperinflasi Jerman bukanlah yang terburuk dalam sejarah, tapi memiliki dampak paling hebat. Pada 1914, nilai tukar USD terhadap Mark Jerman sekitar 1 berbanding 4. Namun pada 1923, angka tersebut meledak hingga menjadi 1USD setara dengan 1 triliun (1.000.000.000.000) Mark Jerman. Sebagai buntut dari Perang Dunia I, "sang pemenang" membebankan biaya rekonstruksi akibat perang kepada Jerman, nilainya mencapai sepertiga dari defisit anggaran Jerman. Dengan memperkenalkan jenis mata uang baru pada 1923 yakni Rentenmark dan Reichsmark pada 1924, Jerman akhirnya dapat mengontrol inflasi tersebut.

3. The Great Depression, 1929
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

The Great Depression adalah depresi terpanjang dan paling parah dalam sejarah ekonomi global, berlangsung antara 1929 hingga pecahnya Perang Dunia II. Awal krisis ini ditandai dengan terpuruknya bursa Wall Street, yang menjadikannya sebagai keruntuhan paling dahsyat dalam sejarah pasar saham. Pada 29 Oktober 1929, USD10 miliar (nilainya sekitar USD95 miliar saat ini) lenyap ditelan bumi. Pada tahun-tahun menjelang Selasa Hitam (Black Tuesday), bursa saham Dow terlahir banyak jutawan. Pasar saham menjadi hobi bagi investor bodoh yang siap memborong saham perusahaan (banyak fiktif) tanpa mempelajari rekam jejaknya.

4. Krisis Minyak, 1973
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

Dibayang-bayangi perang Yom Kippur antara Suriah dan Mesir melawan Israel, OPEC (organisasi negara-negara pengekspor minyak dunia) menjadikan minyak sebagai senjata dengan cara melakukan embargo minyak terhadap pihak yang mendukung Israel. Biaya minyak mentah meningkat sementara produksi dipangkas, terutama untuk AS dan Belanda. Embargo hanya berlangsung selama lima bulan, namun efeknya terus dirasakan hingga kini. Pasar Saham New York kehilangan hingga USD97 miliar.

5. Senin Hitam (Black Monday), 1987
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab terjadinya Black Monday pada 19 Oktober 1987. Yang jelas secara tiba-tiba miliaran USD hilang dari pasar saham seluruh dunia. Hong Kong kehilangan 45,8% dari total nilai sahamnya, Inggris kehilangan 26,4%, Australia lenyap 41,8% dan Selandia Baru drop hingga 60%. Perdagangan program, perselisihan kebijakan moneter serta kekhawatiran akan inflasi, semuanya ditengarai menjadi penyebab krisis ini.

6. Krisis Moneter Asia Tenggara, 1997
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

Awalnya banyak pengamat menyebut perekonomian Asia sebagai Macan Asia yang sedang bangkit dan segera menggantikan dominasi ekonomi barat. Namun tak butuh waktu lama untuk membalikkan pujian tersebut menjadi bencana besar yang dimulai pada Juli 1997. Ini berawal dari hilangnya kepercayaan investor pada mata uang Asia. Terjadilah efek domino, dimulai dari Thailand dan meluas ke Filipina, Hong Kong, Malaysia dan Indonesia dan terus menyebar hingga memicu krisis global. Pasar saham Thailand terkoreksi 75%, Hong Kong 23% dan Singapura anjlok hingga 60% serta nilai tukar Rupiah terdevaluasi hingga 90%.

7. Krisis Rubel, 1998
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

Korupsi, kebijakan reformasi ekonomi yang tidak efektif, devaluasi nilai Rubel, dan ketidakstabilan politik membawa Rusia ke dalam krisis moneter masif. Selain itu, posisi Rusia sebagai eksportir sepertiga dari jumlah minyak dan gas di dunia, menyebabkan negeri beruang merah ini sangat rentan terhadap terjadinya fluktuasi harga minyak. Ketika investor asing menarik uangnya keluar Rusia, bank menjadi lumpuh dan dengan terpaksa meminjam pada IMF.

8. "Dekade yang Hilang" dari Jepang, 1990-2000
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

Runtuhnya gelembung aset (asset bubble) di Jepang pada 1991 menyebabkan pertumbuhan ekonomi rendah dan berkepanjangan hingga 2000. Penyebab sebenarnya dari krisis ini adalah akibat tidak sehatnya spekulasi, tingginya angka kredit dan rendahnya tingkat suku bunga. Ketika pemerintah mencoba mengendalikannya, kredit semakin sulit didapat dan penyertaan modal turun drastis. Inilah penyebab melemahnya ekspansi ekonomi sepanjang 1990an, menjadikannya satu dekade yang hilang. Jepang beruntung dapat menghindari depresi, tapi efek di 1991 tersebut masih terasa sampai hari ini.

9. Resesi Hebat, 2008
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia

Pada 2008, bangkrutnya Bank Lehman Brothers yang memiliki aset bernilai USD600 miliar menjadi simbol dimulainya krisis moneter paling dramatis sejak masa Depresi Hebat. Penyebabnya berkaitan dengan dideregulasinya beberapa kebijakan sektor keuangan, kebijakan moneter yang buruk dan runtuhnya ekonomi internasional akibat tingkat hutang tinggi di sektor publik dan swasta. Efek yang disebabkan krisis ini begitu hebat. Hingga Maret 2009, 45% dari kekayaan global telah lenyap akibat krisis ini.

10. Krisis Utang Sovereign Eropa, 2009 hingga kini
10 Krisis Moneter Terburuk Sepanjang Sejarah Dunia


Inilah krisis moneter terkini yang berlangsung sampai hari ini dan tak ada seorang pun tahu kapan krisis ini akan berakhir. Saat ini pasar makin khawatir terhadap kemampuan sejumlah negara, khususnya Yunani, Irlandia, Spanyol, Portugal, dan Italia, untuk membayar utang mereka. Keterlibatan bank-bank Internasional yang terus memberi utang terhadap negara-negara ini diduga semakin membuat jatuhnya pasar.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4369 seconds (0.1#10.140)