Terus Berinvestasi Saat Pasar Terkoreksi

Kamis, 12 Juli 2018 - 11:17 WIB
Terus Berinvestasi Saat Pasar Terkoreksi
Terus Berinvestasi Saat Pasar Terkoreksi
A A A
JAKARTA - Kondisi pasar saham yang tengah volatile atau terkoreksi dapat berpeluang memberi keuntungan jangka panjang yang lebih tinggi. Investor disarankan menambah investasi pada instrumen saham dan turunannya.

Direktur Reliance Sekuritas Indonesia Sriwidjaja Rauf menjelaskan, dengan adanya koreksi maka investor bisa berinvestasi di beberapa portofolio dengan harga rendah.

"Koreksi saham justru memberikan kesempatan bagi investor jangka panjang untuk membeli saham-saham atau reksa dana saham dengan valuasi yang lebih murah," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Sriwidjaja menyampaikan, investor dapat memilih instrumen reksa dana saham yang portfolionya terdiri dari saham-saham blue chips atau yang berbasis saham indeks IDX30.

Menurutnya, investasi sedari dini di pasar saham maupun reksa dana penting karena mampu melawan inflasi. Jika rutin dan disiplin, bukan tidak mungkin keuntungan itu bisa menambah dana untuk berbagai keperluan masa depan.

Dia menjelaskan, jika investor memiliki tujuan investasi jangka panjang, misal di atas 10 tahun maka saat ini momen tepat untuk memanfaatkan turunnya harga saham. Namun, untuk tujuan jangka pendek hingga menengah, bisa dipilih instrumen pasar uang untuk menempatkan dana investasi.

Mengetahui jangka waktu berapa lama berinvestasi ini penting karena bisa menghindarkan dari kegagalan. Sebab karakteristik setiap jenis reksa dana pun berbeda-beda.

"Setiap investasi selalu ada risiko. Semakin tinggi investasi, semakin tinggi pula risikonya," pungkas Sriwidjaja.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7694 seconds (0.1#10.140)