Kinerja Keuangan Bank BTN Berpotensi Tumbuh Lebih Baik

Rabu, 25 Juli 2018 - 07:47 WIB
Kinerja Keuangan Bank...
Kinerja Keuangan Bank BTN Berpotensi Tumbuh Lebih Baik
A A A
JAKARTA - Kinerja keuangan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) berpotensi terus mengalami peningkatan seiring pertumbuhan kredit dan laba bersih perseroan yang masih sesuai target yang ditetapkan. Head of Research Sinarmas Sekuritas, Evan Lie Hadiwidjaja mengatakan kinerja keuangan BBTN masih inline.
Dimana secara historis pencapaian di semester I-2018 sekitar 40% dari target sepanjang tahun ini. "Kinerja pada semester I 2018 masih memuaskan dan memiliki peluang untuk tumbuh lebih baik," katanya di Jakarta.
Menurut Evan, dengan kondisi tersebut Sinarmas Sekuritas tetap merekomendasi beli (buy) untuk saham BBTN. Meski tantangan masih ada ditengah ketatnya likuiditas dan suku bunga acuan yang cenderung naik, akan tetapi Bank BTN cukup terbantu dari skema program sejuta rumah yang ada.

Hal itu dikarenakan dalam skema tersebut margin bank tetap terjaga dan juga adanya bantuan likuiditas dari pemerintah. "Sedangkan untuk kedepannya, lembaga Tapera akan dapat menopang kinerja Bank BTN. kita rekomendasi BUY dengan target harga (TP) di Rp3.475 per saham," ujar Evan.

Sementara itu Analis MNC Sekuritas, Nurulita Harwaningrum mengungkapkan emiten Bursa Efek Indonesia berkode saham BBTN ini memiliki potensi ke depannya didorong KPR subsidi. "Ini karena permintaan akan rumah subsidi (untuk golongan menengah bawah) itu masih tinggi," terangnya.

Di sisi lain, hal tersebut juga terlihat dari pertumbuhan kredit BBTN yang mencapai 19 persen pada semester I-2018, sedangkan dari sisi kualitas aset juga masih terjaga, NPL BBTN juga turun menjadi 2,78 persen dari 3,23% di semester I-2017. "Laba bersih BBTN juga masih tumbuh double digit dan kami tahun ini juga memperkirakan masih akan tumbuh double digit," tegasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)